News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dalam Rangka Penetapan PPKM Mikro, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Turut Serta Hadiri Sosialisasi Diwilayah Binaan

Dalam Rangka Penetapan PPKM Mikro, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Turut Serta Hadiri Sosialisasi Diwilayah Binaan


Simalungun  |  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau PPKM mikro berlaku. Terkait hal itu maka Personil Bintara Pembina Desa Koramil 16/Panai Tonga jajaran Kodim 0207/Simalungun, Pelda Aslen Simanjuntak mewakili Danramil, turur serta menghadiri acara sosialisasi PPKM, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Camat Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun, Minggu (14/03/2021).

Penetapan PPKM Mikro tersebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Menindaklanjuti arahan Presiden, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021. Aturannya memuat tentang pelaksanaan PPKM mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19. Dalam penerapan PPKM mikro, ada ketentuan kriteria 4 zona yang berlaku hingga di tingkat rukun tetangga (RT). Adapun pembagiannya dibagi menjadi 4 zona, yaitu zona hijau, zona kuning, zona oranye, dan zona merah.

Untuk di wilayah Kabupaten Simalungun khususnya di Kecamatan Panombeian Panei yang akan dibentukkan PPKM Desa Zona Kuning merupakan kriteria zona kuning dimana diberlakukan untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 sampai 5 rumah dalam satu RT selama seminggu terakhir. Pelda Aslen Simanjuntak menjelaskan untuk cara pengendaliannya yaitu dengan menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat. Pasien positif wajib melakukan isolasi. Rumah yang anggota keluarganya terinfeksi juga perlu melakukan isolasi mandiri. Demikian pula dengan kasus suspek dan kontak erat” ujarnya. Ia juga menambahkan untuk memutus mata rantai Covid 19 dengan selalu mematuhi 3 M, dan menghindiri kerumunan.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar