Iklan

Kasrem 042/Gapu Hadiri Launching "Sinar" di Mapolda Jambi Secara Virtual

warta pembaruan
13 April 2021 | 10:48 PM WIB Last Updated 2021-04-13T16:37:46Z
Jambi ,Wartapembaruan.co.id - Kasrem 042/Gapu, Kolonel Inf M.Yamin Dano menghadiri Vicon Kapolda Jambi dalam rangka Program Prioritas Kapolri tentang Pelayanan publik SIM Launching Nasional bertempat di lantai dua Mapolda Jambi Pada Selasa (13/4/2021).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan didampingi oleh Ketua MPR RI Bambang Susatyo.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pelaksanakan dan mekanisme program untuk mempermudah pengusuran Surat Izin Mengemudi (SIM) di manapun berada, Polri bakal merilis aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan SIM online bernama Sinar (SIM Nasional Presisi).

Aplikasi Sinar akan berlaku serentak mulai hari ini secara nasional seiring dengan pembukaan Launching oleh Kapolri dan Ketua MPR RI, Aplikasi tersebut nantinya bisa diunduh langsung oleh para pengguna smartphone di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Kakorlantas Polri Irjen pol Istiono dan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf menyampaikan secara virtual bahwa
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menghadirkan (Smart SIM) atau SIM pintar bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

Dengan aplikasi tersebut, yang sebagian besar kepengurusannya membuat pemohon tidak perlu hadir ke Satpas.

Dalam sambutannya Kaporli juga menyampaikan bahwa dengan adanya Launching Sinar ini pelayanan masyarakat khususnya perpanjangan SIM dapat dilakukan secara cepat dan mudah di masa Pandemi Covid 19, sehingga sangat mengurangi resiko kerumunan seperti saat belum adanya Launching Sinar ini.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Jambi, Irjen pol A Rachmad Wibowo,Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M.Yamin Dano, Ketua DPRD Provinsi Jambi, PJ Kajati, Pejabat Polair Jambi, Kepala Kantor pos, Pimpinan PT BNI, Dirlantas Polda Jambi, Pejabat Samsat Prov Jambi serta perwakilan dari instansi terkait.

Vicon berjalan dengan lancar tertib sesuai rencana dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

Authentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta (kt)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasrem 042/Gapu Hadiri Launching "Sinar" di Mapolda Jambi Secara Virtual

Trending Now

Iklan