Iklan

Klinik Pratama Rutan Kelas I Medan Jadi Kebanggaan Pemasyarakatan

warta pembaruan
02 Mei 2021 | 1:21 PM WIB Last Updated 2021-05-02T15:31:48Z
Medan, Wartapembaruan.co.id -- Pemasyarakatan pantas bangga karena satu lagi klinik di Unit Pelaksana Tehknisnya yakni Rutan Kelas I Medan, mendapatkan predikat sebagai klinik pratama dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Deli Serdang.

Sehingga, dengan dikeluarkannya ijin  operasional tetap klinik tersebut, maka secara legal formal telah terpenuhi sesuai UU RI no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dimana dengan hadirnya  negara memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya yg menjalani hukuman pidananya.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Medan Theo Adrianus Purba saat  dihubungi wartawan disela pengoperasian satu set alat praktek gigi yang dihibahkan Anggota DPRD Sumut, Minggu (02/05/2021) mengakui telah adanya ijin klinik pratama dimaksud sejak 4 Januari 2021 lalu.

" Tentu saja ini sesuai dengan tujuan pemasyarakatan untuk memanusiakan manusia, bahwa hakekat pemidanaan adalah hilangnya kemerdekaan bergerak namun negara hadir di tengah warganya dalam
memberikan pelayanan kesehatan," katanya.

Karutan Theo Adrianus Purba menjelaskan, Klinik Pratama Rutan Klas I Medan itu memiliki tenaga medis berjumlah empat orang dokter umum dan  seorang dokter gigi dibantu enam orang perawat.

"Selain itu klinik Pratama Rutan I Medan juga memiliki sarana dan prasarana (Sarpras) diantaranya
tempat tidur untuk 20 pasien,ntabung oksigen, tiang infus, stetoskop, timbangan berat badan, alat mengecek spotum/ dahak untuk mendiagnosa apakah ada warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengidap penyakit TBC, lemari obat  dan persediaan obat, "urainya.

Dijelaskan, kehadiran klinik pratama Rutan Kelas I Medan untuk melayani kesehatan sekitar 3.900 warga binaan.

"Klinik Pratama Rutan Kelas I Medan ini, beroperasi untuk pelayanan kesehatan ringan dan apabila kondisi penyakit pasien tidak dapat ditangani  maka akan dirujuk k RSU terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif sampai kondisinya membaik," pungkas Theo Adrianus Purba.(AVID)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Klinik Pratama Rutan Kelas I Medan Jadi Kebanggaan Pemasyarakatan

Trending Now

Iklan