News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Selayang Pandang ; Mamaknai Covid 19 Ditengah Pandemi Global

Selayang Pandang ; Mamaknai Covid 19 Ditengah Pandemi Global

Foto : Ashari Hermansyah

Lampung, wartapembaruan.co.id- Secara komperehensif virus Corona 19 yang terjadi sampai saat ini merupakan ujian terbesar terjadi hampir dilapisan seluruh dunia, hingga mempengaruhi laju  perekonomian dunia maupun domistik. 

Terpaan dan ancaman yang terjadi sangatlah mempengaruhi psykitis maupun aspek sosial sosial lainya, namun dengan demikian kita semua dituntut untuk melakukan langkah dan cara pertahanan  (defensif) terhadap ancaman dan serangan virus Corona. Pada Tulisan yang dibuat saat ini adalah wujud kepedulian memberikan pemikiran dan evaluasi sosial yang terjadi ditengah -tengah masyarakat saat. Ada 3 hal sebagai wujud evaluasi dalam mamaknai Pandemi covid 19, Belajar dan Berlatih Penanganan covid 19, Mencari Kunci Penanganan dan Penanggulangan Covid 19, dan Seni Penanggulangan Covid 19, yang berarti seni tersebut dituntut untuk menangani virus Corona 19 secara elegan, Arif, bijaksana tidak panik, ,tebar kasih sayang dan empati.

1. BELAJAR DAN BERLATIH
- Sejak merebaknya kasus Pandemik covid 19 yang hampir memasuki kurun waktu lebih kurang 2 tahun Terjadi diseluruh lapisan Negara mendorong manusia untuk belajar dan berlatih. Arti secara komprehensif, kehadiran virus Corona adalah  tantangan dan ujian yang dialami manusia dibumi supaya Manusia dapat melakukan pembelajaran, Berlatih dengan cara cara pendekatan kajian ilmiah maupun riset ilmiah. 

Segala Cara yang ditempuh setiap Negara yang terpapar penyebaran dengan melaukan metode-metode  dan program-program tertentu dalam rangka meminimalisir ataupun mencari Solution pemutusan penyebaran virus Corona.
Sudah  Ratusan Jiwa bahkan ribuan jiwa Melayang dan Mati yang disebabkan oleh Virus Corona, penyebab utama adalah berawal ketidak Tahuan dalam upaya preventif dan defensif virus corona.
Organisasi Kesehatan  Internasional (WHO) bahkan sudah melakukan terobosan-terobosan untuk lakukan pemetaan negara dan wilayah sebaran virus corona, dan secara diplomatik telah memberikan rekomendasi-rekomendasi tertentu kepada setiap Negara untuk dan bagaimana polarisasi dan juga education pencegahan penyebaran virus Corona ditengah kehidupan Masyarakat. Sosial Distancing maupun Pyisical distancing  metode utama dalam meminimalisir penyebaran virus Corona namun perlu tambahan-tambahan cara lain seperti halnya Lock down yang telah diterapkan dibeberapa Negara, bahkan di Indonesia sendiri istilah lock down   sudah diterapkan yang bermula Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro, PPKM Darurat, dan PPKM Level 4)

2.  KUNCI PENANGGULANGAN COVID 19
- Ragam cara untuk mencari solusi dan kunci 🔑 penaggulangan penyebaran covid 19 sebagai langkah alternatif yang perlu dilakukan. 

Tidak ada bedanya dengan ragam lainya sebagai contoh, ketika menempuh suatu pendidikan maka akhirnya akan mencari dimana kunci pendidikan yang sebenarnya, membuka suatu usaha apapun yang pada akhirnya akan mencari kunci keberhasilan, dan segala bentuk apapun yang dilakukan sesuai profesi yang akhirnya akan mencari kunci profesi tersebut yang sebenarnya. 

Pada konteks Penanggulangan covid 19 semua didorong untuk mencari alternatif penghentian penyebaran bahkan proses penyembuhan bagi yang telah terinfeksi covid 19. Sosial Distancing, Pysical distancing, dan penerapan protokol kesehatan serta pembatasan sosial adalah termasuk alternatif pembatasan sosial, yang kemudian disusul dengan vaksinasi merupakan alternatif Kunci penanggulangan covid 19🔑.

3. SENI PENANGGULANGAN COVID 19
-  Akhir semua drama dan cerita yang terjadi di kehidupan sosial masyarakat adalah sebuah Seni, yang merupakan representasi dari Ragam dan cara untuk menciptakan dan mewujudkan inspirasi. 

Keterkaitan dengan penanggulangan covid 19, gaya dan seni tersebut sedikitnya sudah dilakukan, yang dimulai dengan sikap dan perbuatan saling kasih dan sayang, Petugas Satuan tugas (SATGAS)  yang menjalankan protokol kesehatan dengan santun dan ramah, sikap dan perbuatan sosial dengan alternatif pengobatan dan perawatan bagi pasien yang dirawat, perhatian kepada yang sedang melakukan isolasi mandiri, memberikan bantuan sosial berupa pangan, pemberian vaksin dengan lemah lembut dan lain sebagainya. 

Itulah seni yang merupakan penjabaran cara-cara pelaksanaan dengan penuh Kasih dan Sayang.

Oleh : Ashari Hermansyah 

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar