News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Vaksinasi Kemerdekaan, Merdeka dari Covid-19,Serentak di seluruh Lapas/Rutan/LPKA Bengkulu

Vaksinasi Kemerdekaan, Merdeka dari Covid-19,Serentak di seluruh Lapas/Rutan/LPKA Bengkulu

Bengkulu, Wartapembaruan.co.id -- Keselamatan dan kesehatan Penghuni di Lapas, Rutan dan LPKA adalah prioritas dan menjadi perhatian khusus Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Oleh karena itu, Selain Kegiatan Pemberian Remisi bagi Narapidana dan Anak, di Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini, secara bersamaan dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Serentak bagi Tahanan, Narapidana dan Anak pada Lapas, Rutan dan LPKA se-Provinsi Bengkulu dengan tema “VAKSINASI KEMERDEKAAN, MERDEKA DARI COVID19”.

Upaya penanggulangan COVID-19 di Lapas/Rutan sangat dibutuhkan mengingat overcrowded di Lapas dan Rutan yang mencapai 103% menyebabkan risiko penularan COVID 19 meningkat, seperti pembatasan penerimaan tahanan baru, penundaan kegiatan layanan kunjungan langsung yang diganti dengan layanan kunjungan video call, pelaksanaan sidang melalui video conference, vaksinasi, pengecekan kesehatan petugas, narapidana, tahanan, dan Anak, termasuk kebijakan Asimilasi di rumah.

Para Tahanan, Narapidana dan Anak di Lapas, Rutan dan LPKA se-Provinsi Bengkulu yang memiliki hak yang sama, tanpa terkecuali dan tanpa diskriminasi akan mendapatkan Vaksinasi secara serentak dan menyeluruh.

Pemerintah Daerah Bengkulu melalui Dinas Kesehatan Provinsi menyiapkan 2300 vaksin, yang di distribusikan melalui dinkes Kota/Kab yang didaerahnya terdapat lapas/rutan. Vaksin sejumlah itu akan diberikan kepada seluruh penghuni lapas dan rutan serta pegawai.

Tercatat pada tanggal 16 Agustus jumlah penghuni Lapas/Rutan se Bengkulu berjumlah 2622 orang, namun baru 546 orang mendapatkan vaksin. Itu pun hanya warga binaan yang di Kota Bengkulu. Penghuni Lapas/Rutan di kabupaten, seperti Curup, Argamakmur dan Manna belum satu pun yang mendapatkan vaksin.

Oleh karenanya Kekakanwil Kemenkumham Bengkulu, Imam Jauhari, terus berkordinasi dengan pemerintah daerah agar segera memberikan perhatian kepada warga binaan.

"Kita tahu, Sampai dengan Saat ini, kita masih berada di dalam lingkaran Pandemi Covid-19, salah satu program prioritas Pemerintah adalah Vaksinasi menyeluruh bagi masyarakat termasuk para Tahanan,
Narapidana dan Anak di Lapas, Rutan dan LPKA," katanya.

Beberapa manfaat dan pentingnya vaksinasi adalah akan membentuk respons antibodi serta membentuk kekebalan tubuh sehingga akan meminimalisir penyebaran virus khususnya di Lapas, Rutan dan LPKA yang memiliki resiko penularan cukup tinggi dikarenakan sulitnya untuk Phisical Distancing.

"Penghuni Lapas/Rutan memiliki hak yang sama dengan masyarakat utk meningkatkan imunitas," terangnya.

Untuk beberapa warga binaan yang tidak.mengetahui atau tidak tercatat NIK nya, maka Dinas Dukcapil mendampingi untuk pemenuhan NIK WBP tersebut.(AViD)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar