Iklan

Di Tengah Pandemi, Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Digelar Secara Sederhana

warta pembaruan
06 September 2021 | 9:34 AM WIB Last Updated 2021-09-06T02:34:38Z
TEGAL, Wartapembaruan.co.id - Nelayan pesisir Kota Tegal Jawa Tengah, menggelar acara sedekah laut di tengah pandemi Covid-19 secara sederhana, Minggu (5/9/2021).

Tradisi tahunan tersebut digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono secara resmi membuka gelaran sedekat laut, tujuh kepala kerbau serta sesaji lainnya kemudian dibawa ke laut menggunakan perahu diiringi sejumlah perahu yang ditumpangi warga dari keluarga nelayan.

"Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi. Tahun depan kalau pandemi Covid-19 sudah tidak ada kita boleh melaksanakan sedekah laut dengan lebih meriah lagi," ujar Dedy.

Ketua Pantia Sedekah Laut Santoso melalui Wakil Ketua Kastari mengatakan untuk acara hari ini adalah upacara ritual larung ancak sedekah laut. Ia menyebut sedekah laut merupakan acara tradisi yang sudah ada sejak dulu dan diselenggarakan rutin setiap tahun. Selain untuk melestarikan tradisi, sedekah laut diselenggarakan sebagai wujud syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah. "Tapi karena tahun ini ada wabah corona, tidak diselenggarakan semeriah tahun-tahun sebelumnya," ucap Kastari.

Ia berharap dengan acara sedekah laut ini nelayan bisa berhasil, sukses dan barokah.

"Mangkat selamet, balik selamet dan berkah barokah (berangkat selamat pulang selamat dan berkah barokah)," tutup Kastari. (HS)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Di Tengah Pandemi, Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Digelar Secara Sederhana

Trending Now

Iklan