News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gibran Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Solo

Gibran Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Solo

Surakarta, Wartapembaruan.co.id ~ Keraton Kasunanan Surakarta memberikan gelar bangsawan kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuronagoro itu diberikan langsung oleh Raja Paku Buwono XIII Hangabehi di istana keraton.

Pemberian gelar bangsawan kepada putra sulung Presiden Jokowi itu berlangsung scara spontan. Ia mampir ke keraton setelah meninjau kegiatan vaksinasi massal yang digelar pihak Keraton Kasunanan Surakata di komplek pagelaran keraton pada Senin, 20 September 2021.

Usai meninjau kegiatan vaksinasi, Gibran dan permaisuri raja Keraton Kasunanan Surakarta GKR Paku Buwono serta sentana dalem langsung berjalan menuju Kori Kamandungan untuk masuk ke komplek istana keraton. Saat masuk ke dalam keraton, Gibran masih mengenakan seragam tugas Satpol PP yang dipakai sejak pagi tadi.

Setelah melakukan pertemuan dengan Sinuhun Paku Buwono XIII, kemudian Gibran tampak keluar dari dalam keraton. Ia masih terlihat didampingi oleh pemaisuri raja GKR Paku Buwono. Usai keluar, ia pun tampak mengabadikan momen berfoto dengan para prajurit keraton yang mengenakan busana kebesarannya.

Pengageng Parentah Keraton Kasunan Surakarta KGPH Dipokusumo mengatakan dalam pertemuan dengan Sinuhun Paku Buwono XIII, Gibran juga mendapatkan gelar dari keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Gelar bangsawan yang diberikan kepada Wali Kota Solo adalah Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuronagoro.

“Beliau mendapatkan gelar dari keluarga keraton. Jadi keraton itu punya tata cara adat tradisi di mana beliau-beliau yang memiliki suatu kedudukan, pengaruh dan sebagainya, salah satunya pejabat wali kota ini mendapat gelar dari Sinuhun. Asmane (namanya) Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widuronagoro,” kata dia di Keraton Kasunanan Surakarta, Senin, 20 September 2021.

Lantas ketika disinggung mengenai arti dari gelar tersebut, ia menjelaskan widuro memiliki arti sebagai panutan. Ia pun berharap nama gelar yang diberikan oleh Sinuhun Paku Buwono XIII itu bisa melekat dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Nama beliau itu semoga bisa melekat dengan mas wali yang tentu saja bisa mengayomi, ngayemi kepada masyarakat. Intinya begitu,” ujarnya.

Pemberian gelar itu dilakukan tidak dengan upacara adat, namun hanya dalam pertemuan biasa. Sinuhun memberikan gelar bangsawan kepada putra sulung Presiden Jokowi itu di utara Bangsal Parasdyo. Rencana pemberian gelar itu telah dilakukan sejak lama, hanya saja gelar baru diberikan ketika Gibran mengunjungi keraton

“Yang memberikan Sinuhun langsung. Kalau renca apemberian gelar itu sudah lama, jadi ini kira-kira bagaimana ada kesempatan maka diagemi. Lha ini kok ada kesempatan untuk memberikan gelar itu” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raja mengaku suatu kehormatan mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Dalam pemberian gelar itu, ia pun berkesempatan bisa bertemu dengan Sinuhun Paku Buwono XIII.

“Itu suatu kehormatan untuk saya, terima kasih, tadi juga sempat bertemu sebentar dengan Sinuhun. Alhamdulillah Sinuhun memberikan arahan kepada saya, jadi beliau berharap kawasan keraton ini bisa lebih tertata lagi dan beliau mempercayakan penataan itu ke saya,” ujarnya.
(Eric**)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.