News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kapolsek Talaga Hadiri Acara Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung Dilaksanakan Sederhana

Kapolsek Talaga Hadiri Acara Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung Dilaksanakan Sederhana

Majalengka, Wartapembaruan.co.id -- Acara Ngumbah Pusaka (mencuci pusaka) di Talaga Manggung diselenggarakan dengan sederhana. Tidak mengundang masyarakat luar seperti tahun-tahun lalu, sebelum adanya pandemi Covid-19.

Ngumbah Pusaka dihadiri keluarga besar kerajaan Talaga Manggung. Dari mulai keturunan-keturunan kerajaan maupun para abdi dalem termasuk para juru pelihara makam para raja (kuncen).

Turut hadir Kapolsek Talaga, Camat Talaga, Danramil Talaga, Kepala Desa Talaga Kulon, Kepala Desa Talaga Wetan, Dekkma, Grumala dan para tamu undangan lainnya

Sebelumnya perwakilan keluarga Talaga Manggung H. Teten Wilman, mengatakan permintaan maafnya karena mengingat Acara rutin tahunan ini digelar sederhana tapi tidak mengurangi kaidah dan alur dalam acara nyiramkeun pusaka ini, ungkapnya dalam kata sambutan di Bumi Ageung Talaga pada Senin (20/9/2021) kemarin.

Menurut Teten kegiatan ini digelar dengan menggunakan prokes. Jadi kepada masyarakat yang tidak bisa masuk harap maklum dengan pelaksanaan nyiramkeun ini tidak bisa diikuti oleh banyak orang. Tapi kedepannya mudah-mudahan sudah bisa melaksanakan seperti biasa.

Acara dimulai dengan nyiramkeun Barang pusaka dengan memandikan arca yang dilanjutkan dengan goong renteng dan pusaka lainnya seperti pusaka keris, cetbang, baju jirah, dan pusaka lainnya.

Masih ungkap Teten acara ini diselenggarakan bertepatan di tanggal belasan pada bulan safar dan selalu hari Senin.

Ada penjelasan menarik dari salah seorang pranata budaya talaga manggung, Asep Asdha, dengan diadakannya acara nyiramkeun ini selain mencuci pusaka ada hal menarik yaitu adanya lumbung ketahanan pangan yang berjalan sejak tahun 1671 dibuktikan dengan adanya Leuit Kamandeti.

“Hal ini membuktikan bahwa sistem pertanian di masa kerajaan talaga manggung sudah bisa mengatur pangan melalui swasembada pangan,” ucap Asep.(Eric)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.