Iklan

Komandan Pasmar 3 Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 76 TNI Angkatan Laut

warta pembaruan
10 September 2021 | 5:10 PM WIB Last Updated 2021-09-10T10:10:13Z

Sorong, Wartapembaruan.co.id
-- Seluruh prajurit Korps Marinir TNI AL Pasmar 3 melaksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI Angkatan Laut bertempat di Lapangan Apel Mako Pasmar 3 Jalan Sorong-Klamono, KM 16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat dengan Inspektur Upacara Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., dan bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Mar Hayat Tegar yang sehari-hari menjabat sebagai Pabandya Pam Sintel Pasmar 3, Jumat (10/09/2021).

Pelaksanaan upacara kali ini merupakan momen yang sangat penting karena berdasarkan fakta dalam sejarah tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak lahirnya para kesatria yang terlahir dalam ganasnya samudera, oleh karena itu sebagai generasi penerus sudah selayaknya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendahulu TNI Angkatan Laut.

Sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia memiliki banyak potensi besar dari sumber daya lautnya yang melimpah, namun saat ini masih belum dapat di manfaatkan secara maksimal maka dari itu peringatan HUT Ke-76 TNI Angkatan Laut mengambil tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.
Dengan tema yang dipilih tersebut, mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju dalam menempuh rintangan agar mencapai masa depan yang lebih baik khususnya untuk TNI Angkatan Laut itu sendiri. 

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., yang dibacakan oleh Komandan Pasmar 3 mengatakan sebagai komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut siap mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini, tanpa mengurangi tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional.
Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus bebenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

“Perteguh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut serta terus tingkatkan kesiapan dan kesiagaan satuan diseluruh jajaran,” ucapnya.
“Jiwa raga kalian hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara dan setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian dan tanamkan semangat untuk meraih kejayaan TNI Angkatan Laut ke depannya,” tegasnya.

Pada puncak kegiatan, dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia TNI Angkatan Laut Ke-76. Selain itu juga kegiatan pemberian tali asih kepada tenaga kesehatan Pasmar 3 Korps Marinir yang kurang lebih 1 tahun telah mengabdi kepada Negara melalui serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim guna pencegahan Virus Covid-19. 

Turuh hadir pada kegiatan tersebut Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, Komandan Lanmar Sorong Kolonel Mar Anom Wijadja, para Asisten Danpasmar 3, Dankolak serta Dansatlak Pasmar 3, Ketua Korcab Pasmar 3 Ny. Desy Y. Rudy Sulistyanto serta seluruh perwira di jajaran Pasmar 3.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komandan Pasmar 3 Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 76 TNI Angkatan Laut

Trending Now

Iklan