News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nofri Madola Ajak Perantau dan Masyarakat Salurkan Zakat Melalui UPZ Prima DMI Kabupaten Solok

Nofri Madola Ajak Perantau dan Masyarakat Salurkan Zakat Melalui UPZ Prima DMI Kabupaten Solok

SOLOK, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Potensi zakat di kabupaten Solok sangat besar. Namun hanya sebagian kecil dari muzakki yang zakatnya terkelola dengan baik. Itupun mayoritas dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Disamping itu, potensi zakat dari masyarakat biasa yang sangat besar, belum terkelola dengan baik.

Dengan hadirnya Unit Pengelola Zakat (UPZ) Prima DMI Kabupaten Solok sebagai perpanjangan tangan dari Baznas. Nofri Madola sebagai orang yang di tunjuk menjadi ketua UPZ Prima DMI berharap masyarakat biasa dan para perantau dapat menyalurkan zakatnya ke Baznas melalui UPZ Prima DMI. Sehingga dengan zakat yang terkumpul semakin banyak, semakin banyak pula Mustahiq yang mendapat manfaat dari zakat tersebut.

Lanjut ia mengatakan targetnya dengan zakat yang terkumpul nanti akan dirikan satu rumah tahfidz Al-Qur'an perkecamatan untuk anak-anak kurang mampu dan dhuafa. Serta berbagai program lain diantaranya pemberdayaan ekonomi Ummat berbasis Syariah.

"Yang lebih penting dari itu semua adalah kita hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa menyalurkan zakat melalui lembaga resmi mempunyai keutamaan daripada menyalurkan secara langsung oleh muzakki kepada mustahiq," jelasnya, Sabtu (25/09/2021).

Lanjut ia menjelaskan keutamaan menyalurkan zakat melalui lembaga resmi yaitu :
1. Lebih dekat dengan Syiar Islam.
Di zaman nabi zakat itu dihimpun di sebuah lembaga resmi yang dinamakan Baitul Mal dan dikelola secara kolektif oleh lembaga itu.

2. Memudahkan Muzakki.
Menyalurkan melalui lembaga resmi memudahkan Muzakki dalam pendistribusian zakat dan ada jaminan tepat sasaran.

3. Sebagai Solusi dari permasalahan ekonomi Ummat.
Zakat yang terhimpun dikelola dan dialokasikan secara proporsional melalui lembaga kolektif sangat berpotensi menjadi basis ekonomi Ummat karena dana yang terhimpun dalam jumlah yang besar. Sementara jika zakat disalurkan secara perseorangan, maka perbaikan ekonomi Unmat akan sulit terjadi.

"Untuk itu kami sekali lagi mengajak kita semua baik perantau maupun masyarakat mari kita salurkan zakat melalui UPZ Prima DMI Kabupaten Solok, agar penyaluran zakat merata dan tepat pada sasarannya," pungkasnya. (Fatur/Zaki)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.