News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Danlantamal VIII Tinjau Pelatihan Ketahanan Pangan Maayarakat Maritim di Desa Tablolong

Danlantamal VIII Tinjau Pelatihan Ketahanan Pangan Maayarakat Maritim di Desa Tablolong

Kupang, Wartapembaruan.co.id -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., meninjau pelatihan ketahanan pangan masyarakat maritim tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, NTT, Kamis(28/10).

Praktek kegiatan pelatihan ketahanan pangan pengolahan rumput laut ini menyusung tema “Melalui Penyelenggaraan Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir tahun 2021, Kita Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi TNI Angkatan Laut Dengan Masyarakat Pesisir di Bidang Ketahanan Pangan Dalam Mendukung Pengelolaan Potensi Maritim”., diikuti peserta yang berjumlah 100 orang dan dibagi menjadi 5 kelompok tani rumput laut, yaitu terdiri dari kelompok tani Merah putih 20 Orang, kelompok tani Cahaya Mandiri 20 Orang, Kelompok tani Tulufali 20 Orang, Kelompok tani Dale Hitu 20 Orang, dan Kelompok tani Maju Tak Gentar 20 Orang.

Disela-sela kegiatan pelatihan Danlantamal VII juga menyampaikan bahwa dalam mengolah dan mengembangkan produksi rumput laut, kita harus ada penelitian untuk kualitas rumput laut kita dimana dengan adanya penelitian ini nantinya kita bisa bekerja sama dengan instansi lain dari provinsi NTT maupun mahasiswa untuk harga jual kedepannya.

“Saya menginginkan untuk para tani rumput laut yang ada di desa Tablolong ini bisa maju, baik generasi putra/putrinya nanti bisa sekolah yang tinggi diluar dengan hasil rumput laut. Mudah-mudahan untuk generasi muda anak dari bapak-ibu bisa mengikuti cita-cita yang diinginkan melalui tani rumput laut”, Ungkap Danlantamal.

Lebih lanjut Danlantamal VII berpesan bahwa TNI AL khususnya Lantamal VII akan selalu memberi bimbingan dan pembinaan. Kedepan kalau sudah bertanam kelompok tani jangan sampai menjual hasil rumput laut sebelum waktu panen karena sangat merugikan. Untuk itu kita harus tetap bersyukur dengan Tuhan YME dengan hasil panen rumput laut yang ada di desa Tablolong ini.

“Dengan kita mengolah Mie dan Bakso dari rumput laut kita bisa sehat karena bahan yang kita pakai tidak ada campuran bahan pengawet, oleh karena itu kita sama-sama bangkitkan lagi rumput laut yang ada di desa Tablolong menjadi desa kecil yang modern dan menjadi lebih rapi sehingga  desa Tablolong akan menjadi desa Pariwisata”, Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut pelatihan ketahanan pangan ini juga di tinjau oleh tim Wasef Dispotmaral Mabesal yang diketuai oleh Kolonel Laut(P) MS. Lubis sekaligus juga menutup pelatihan ketahanan pangan tersebut. Diakhir kegiatan Aspotmar Danlantamal VII Kolonel Laut(P) Gurtom Fartianto, S.E., beserta perwakilan tim Wasef Dispotmaral Mabesal menyerahkan piagam kepada masing-masing peserta latihan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispotmar Lantamal VII, Pabandya Spotmar Mabesal,  Kasubsi Binkosos Dispotmaral, KKP Kupang, Kasi Pol PP, Sekretaris Desa Tablolong, Babinpotmar Lantamal VII, Babinsa Tablolong serta anggota Lantamal VII.

By. Dispen Lantamal VII.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.