News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Walikota Tebing Tinggi Berikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa STIE Bina Karya

Walikota Tebing Tinggi Berikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa STIE Bina Karya

TebingTinggi, Wartapembaruan.co.id
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Karya Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Kuliah Umum yang bertemakan "Akulturasi Nilai Luhur Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Generasi Milineal 4.0", dan sekaligus penandatangan MOU dan MOA antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan STIE Bina Karya di Gedung Balai Pertemuan Kartini pada Kamis, (28/10/2021).

Kuliah umum dibawakan langsung oleh Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M.  sebagai pemateri mata kuliah.

Dalam penyampaian materi, Wali Kota Tebing Tinggi menjelaskan wawasan kebangsaan dan bernegara, Nilai Luhur Sumpah Pemuda, dilanjutkan dengan materi hal era revolusi industri 4.0 yang menempatkan teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia.

“Di era globalisasi ini, kita lihat gejala transformasi di Indonesia sekarang ini, bagaimana toko konvensional diganti dengan marketplace (online),” ujar Wali Kota.

Namun, Wali Kota juga mengungkapkan dampak negatif revolusi industri 4.0, antara lain timbulnya diskriminasi sosial di dalam kehidupan masyarakat, timbulnya kapitalisme, biaya kebutuhan hidup semakin besar karena masyarakat semakin konsumtif, banyaknya berita hoax yang dipercaya masyarakat tanpa tahu kebenarannya, dan sumber daya alam yang dikuasai dan dikelola oleh pihak asing.

Wali Kota berharap agar  dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, mahasiswa dapat membentuk akulturasi perubahan budaya menjadi karakter yang bekerja dan mencipta dengan melakukan hal-hal seperti peningkatan keilmuan melalui literasi, terbuka dalam menerima pemikiran dan pengalaman yang baru, menanamkan rasa bangga sebagai Bangsa Indonesia, mendukung produk lokal, menjadi pengguna internet dan sosial media yang baik.

Diakhir penyampaian materi kuliah umum, Wali Kota berpesan agar mahasiswa dapat menunjukkan kemampuannya dengan menjadi seorang enterpreneur yang memiliki kreatifitas dan inovasi untuk dunia,  Negara Indonesia dan secara khusus untuk Kota Tebing Tinggi.

"Yang paling penting kiprah anda di dunia, di Indonesia khususnya di kota Tebing Tnggi ini ditunjukkan dengan kemampuan adik-adik Mahasiswa sebagai enterpreneur, memiliki kreatifitas dan inovasi. Dan itu dimulai dari sekarang," tutup Wali Kota.

Sebelumnya, Ketua STIE Bina Karya Dr. Mangasi Sinurat, S.E., M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Tebing Tinggi atas dilakukannya penandatanganan Mou dan MoA antara Pemko Tebing Tinggi dengan STIE Bina Karya.

"Ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang selalu memberi perhatian yang sangat intens dan wujud perhatian tersebut kita tandatangani melalui MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement)," papar Ketua STIE Bina Karya Dr. Mangasi Sinurat, S.E., M.Si.

Diharapkan Ketua STIE Bina Karya, melalui pelaksanaan kegiatan hari ini, diharapkan terbentuknya sinergitas antara STIE Bina Karya dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

"Kita harap akan terbentuk sinergitas antara STIE Bina Karya dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, bersesuaian dengan arah kebijakan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, sehingga nanti akan membantu Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam mencapai program Pemerintah Kota Tebing Tinggi," ujar Ketua STIE Bina Karya.

Turut hadir Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Kabag Sumda Polres AKP. Dadang Badawi mewakili Kapolres, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bambang Sudaryono, Ketua Yayasan STIE Bina Karya Dr. Lukieto Cahyadi, BPH STIE Bina Karya Prof. Indra Maipita, M.M., P.hd, perwakilan Kepala OPD, jajaran Dosen dan Staf STIE Bina Karya serta mahasiswa-mahasiswi STIE Bina Karya dan tamu undangan.

Penulis : Djeckson Sihombing

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.