Iklan

Berbuat Terbaik Diwilayah Perusahaan, PT. INALUM Gelar Lomba Inovasi Desa di Toba, Inginkan Desa Terus Berinovasi

warta pembaruan
05 November 2021 | 9:07 AM WIB Last Updated 2021-11-05T02:07:21Z
Balige, Wartapembaruan.co.id – Bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan, perusahaan plat merah PT Indonesia Asahan aluminium (INALUM) Persero, terus berbuat terbaik diwilayah operasional perusahaan. Tanggung jawab ini dibuktikan INALUM lewat program-programnya untuk wilayah operasional perusahaan, termasuk dikabupaten Toba, Sumatra Utara.

Berkat kerjasama dengan dinas pemberdayaan masyarakat dan desa serta beberapa dinas terikat lainnya dikabupaten Toba, BUMN satu ini gelar lomba potensi dan Inovasi Desa sebagai dukungan Inalum terhadap potensi desa yang ada di sekitar wilayah operasional Perusahaan.

Atas terselenggaranya perlombaan tersebut, PT Inalum mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemkab Toba dan seluruh pihak terkait sehingga kegiatan Lomba Inovasi desa ini dapat berjalan dengan sukses.

“Lomba Inovasi Desa merupakan kegiatan perdana yang dilakukan PT INALUM (Persero). Kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility INALUM untuk memotivasi semua pihak dalam peningkatan potensi yang ada di desa – desa di Kabupaten Toba”, ujar Vice Presiden CSR / PKBL INALUM, A.Iqbal Harahap, saat memberikan sambutannya,  rabu (03/11/2021).  Lanjutnya, program inovasi desa yang telah berlangsung sejak Agustus sampai September 2021 ini, merupakan bagian dari perayaan HUT RI ke-76 yang dilaksanakan oleh PT INALUM.

Lewat kegiatan tersebut, masyarakat  Kabupaten Toba menyambut dengan antusias perlombaan itu, hal ini dapat diilihat dari banyaknya desa yang berpartisipasi untuk turut serta memeriahkan perlombaan. Perlombaan yang diadakan INALUM ini, terbagi menjadi 3 kategori, yakni kategori perekonomian, lingkungan, dan pariwisata.

Perlombaan ini diawali dengan desa yang ikut serta mengirimkan video terkait inovasi desa. Video yang terpilih selanjutnya dilakukan penilaian dan survey ke lapangan oleh Tim Penilai. 

Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dalam sambutannya mengucapkan syukur dan berterima kasih atas inisiasi kegiatan inovasi desa yang dilakukan PT INALUM (Persero) dalam mendorong potensi dan  inovasi desa.

“Program ini tepat sasaran dan berharap kepada desa-desa pemenang dalam kegiatan inovasi desa dapat terus mengembangkan dan mempertahankan potensi dan prestasinya serta membudayakan atau menyebarkan inovasinya ke desa lain dan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Poltak.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para Juara lomba potensi dan inovasi desa di Kabupaten Toba dilaksanakan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Toba dan PT INALUM (Persero) pada 28 Oktober 2021 di Kantor Bupati Toba – Balige yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Untuk kategori lingkungan lomba inovasi desa di wilayah kabupaten Toba dimenangkan oleh Kelurahan Pardede Onan - Kecamatan Balige (juara 1), disusul Desa Lumban Gaol – Kecamatan Balige (juara 2), kemudian diikuti oleh Desa Siantar Utara - Kecamatan Parmaksian (juara 3), dan Desa Parsuratan - Kecamatan Balige (harapan 1) serta Desa Tarabunga - Kecamatan Tampahan (harapan 2).

Adapun untuk kategori Ekonomi, Desa Tambunan Sunge - Kecamatan Balige berhasil meraih juara pertama, diikuti Desa Tarabunga - Kecamatan Tampahan pada posisi kedua dan Desa Hutabulu Mejan - Kecamatan Balige di urutan ketiga serta Desa Meat - Kecamatan Tampahan, dan Desa Banjar Ganjang - Kecamatan Parmaksian pada harapan 1 dan harapan 2.

Serta Desa Tarabunga - Kecamatan Tampahan berhasil meraih nilai tertinggi untuk kategori pariwisata disusul Desa Lumban Gaol - Kecamatan Balige di urutan kedua, dan Desa Meat - Kecamatan Tampahan sebagai pemenang ketiga dan Desa Siantar Utara - Kecamatan Parmaksian sebagai harapan 1.

Acara dihadiri oleh Bupati Toba, Ir.Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, SE, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba beserta jajaran, Kepala Dinas, Camat dan Kepala Desa bersama dengan Manajemen PT INALUM (Persero) - Vice Presiden CSR & PKBL, Zainuddin Iqbal Sidabutar dan Vice Presiden Public Relations, A.Iqbal Harahap. 


Tentang Indonesia Asahan Aluminium (Persero)

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) INALUM adalah BUMN Holding Industri Pertambangan yang melaksanakan Fungsi Holding dan Fungsi Operating yang didirikan pada 6 Januari 1976.  Nama Perusahaan berubah dari PT Indonesia Asahan Aluminium menjadi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) pada tahun 2014 atau biasa disebut INALUM. Menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tanggal 19 Desember 2013, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2014 tentang Penetapan PT Indonesia Asahan Aluminium sebagai Perusahaan Perseroan (Persero).

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) ditunjuk menjadi BUMN Holding Industri Pertambangan pada tanggal 27 November 2017, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2017 tanggal 10 November 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) saat ini memiliki asset Konsolidasi MIND ID senilai Rp180,78 triliun (per-31 Desember 2020).

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) memiliki jaringan kantor yang berlokasi di beberapa tempat, antara lain INALUM Operating memiliki Kantor Pusat Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kantor PLTA yang berada di Paritohan, Kantor Perwakilan di Jakarta serta Kantor Penghubung di Medan.

(SF)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berbuat Terbaik Diwilayah Perusahaan, PT. INALUM Gelar Lomba Inovasi Desa di Toba, Inginkan Desa Terus Berinovasi

Trending Now

Iklan