News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Fase Laut Latma CARAT 2021, Kapal Perang USS Jackson Tiba Di Surabaya

Jelang Fase Laut Latma CARAT 2021, Kapal Perang USS Jackson Tiba Di Surabaya


Surabaya, Wartapembaruan.co.id
--- USS Jackson satu dari dua kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), tiba di Dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya, pada Jumat (5/11/2021).

Kedatangannya dalam rangka mengikuti Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2021.

Kedatangan USS Jackson di Surabaya disambut oleh Komandan Lantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han), M.Tr.Opsla,CHRMP mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.M.Tr (Han) sebagai Penyelenggara Latihan. Ikut mendampingi yakni Wadan dan Asops Lantamal V, Kasatker di jajaran Lantamal V, serta Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 Letkol Laut (P) Boy Yopi Hammel selaku Wadan Satgas CARAT 2021.


Sedangkan dari delegasi US Navy, hadir Atal USA Captain Stacey A. Prescoot, Director Training and Education Commander Angela Michelle Edwards, Director Bilateral Engagements and Exercises Major Mathew Peter Gross. Menurut jadwal, Fase Laut atau Sea Phase yang merupakan fase puncak dari Latma CARAT 2021 ini, dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 10 November 2021 dengan lokasi latihan di perairan Pantai Pasir Putih Situbondo. 

Sementara itu USS Jackson merupakan kapal perang jenis Littoral Combat Ship (LCS) buatan Austal USA. Diluncurkan pada 14 Desember 2013, kapal ini memiliki panjang 127,4 meter, lebar 31.6 meter dengan kecepatan jelajah 47 knots (54 mph; 87 km/jam). 

Kapal perang yang dikomandani oleh  CDR Michael Root ini membawa pasukan sebanyak 104 personel, serta peralatan militer untuk mendukung pelaksanaan CARAT 2021. Kapal perang USS Jackson juga dilengkapi dengan persenjataan  seperti  BAE Systems Mk 110 57 mm gun. 50 cal (12,7 mm) senjata (2 belakang, 2 depan), serta  peluncur rudal sel Sea RAM 11 yang berevolusi Modul misi. Kapal perang lainnya yakni USNS Millinocket,  dijadwalkan tiba hari ini juga di Dermaga Jamrud. Keduanya sama-sama terlibat dalam manuver lapangan CARAT 2021. 


Pada bagian lain, Komandan Lantamal V dalam sambutannya mengungkapkan jika Latma CARAT 2021 merupakan wujud aktualisasi dari kerja sama internasional khususnya antara TNI AL dengan US Navy, yang selama ini selalu berlangsung dengan baik. “Saya ucapkan selamat datang dan berlatih dalam CARAT 2021. Kami berharap bisa memperlihatkan keindahan Surabaya kepada kalian, “ Danlantamal V. 

Hal tersebut diungkapkan karena seluruh awak USS Jackson tidak diijinkan untuk turun dari kapal apabila tidak ada sesuatu yang darurat terjadi. Ini adalah upaya menegakkan disiplin protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19.


(Pen2)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.