Iklan

Menteri PUPR Tinjau SPAM IKK Narmada Lombok Barat

warta pembaruan
15 November 2021 | 12:00 PM WIB Last Updated 2021-11-15T05:05:09Z

Ket Foto : Menteri PUPR Hadimuljono meninjau SPAM IKK Narmada, Lombok Barat

Lombok Barat, www.wartapembaruan.co.id
– Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mndampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Bypass BIL-Mandalika, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau infrastruktur air minum di sekitar Kota Mataram. 

Kunjungan tersebut dalam rangka pemantauan pelaksanaan kebijakan operasi, pemeliharaan, optimalisasi dan rehabilitasi infrastruktur lingkungan Kementerian PUPR.

Ketika mengunjungi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (14/11/2021), Menteri PUPR meminta agar pengelola dapat mengoptimalkan pengoperasian SPAM IKK Narmada yang telah dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2017-2018.

"Saya minta ke depan agar dapat dikurangi tingkat kehilangan air dalam pengelolaan SPAM IKK Narmada ini ke angka 20 persen sesuai standar. Kalau berhasil nanti akan kami bantu penambahan kapasitasnya, salah satunya dari Bendungan Meninting yang saat ini tengah dibangun dan akan selesai akhir 2023," katanya di depan para pengelola SPAM IKK Narmada.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi NTB Ika Sri Rejeki mengatakan, pembangunan SPAM IKK Narmada dilaksanakan sejak Februari 2017 dan selesai Agustus 2018 berkapasitas 150 liter/detik, dengan biaya Rp 52,6 miliar.

Pekerjaannya mencakup pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 150 liter/detik dan bangunan pelengkap, bangunan reservoir kapasitas 2600 m3 dan pemasangan Pipa HDPE. 

"Manfaat SPAM IKK ini untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Labuapi, Kecamatan Kediri dan Kecamatan Kuripan untuk sekitar 12 ribu sambungan rumah (SR) dan mampu melayani 75.000 jiwa," kata Ika.  

Dikemukakan, untuk efisiensi pengolahan air minum, SPAM IKK Narmada telah menerapkan teknologi terkini, Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA), yaitu sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan penjernihan air minum dan distribusinya.

Pembangunan SPAM IKK Narmada adalah upaya Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya untuk meningkatkan pelayanan air minum di Lombok, NTB dengan pengembangan teknologi untuk efisiensi biaya dan memaksimalkan pelayanan. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri PUPR Tinjau SPAM IKK Narmada Lombok Barat

Trending Now

Iklan