News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati Hari Jadi KORPRI Ke-50, DPP KORPRI BNN RI Gelar Webinar

Peringati Hari Jadi KORPRI Ke-50, DPP KORPRI BNN RI Gelar Webinar

Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Dewan Pengurus Pusat Korps Pegawai Republik Indonesia (DPP Korpri) BNN RI menyelenggarakan webinar dengan tema ASN Melek Digital dan Peningkatan Kinerja Pegawai pada Selasa (9/11). Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi KORPRI ke-50 yang jatuh pada tanggal 29 November 2021.

Sekretaris Utama (Sestama) BNN RI, Drs. I Wayan Sukawinaya, M.Si. dalam sambutan pembukaan webinar mewakili Kepala BNN RI menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah berbenah menyongsong era baru Indonesia Emas 2045. Menyambut era baru tersebut peranan aparatur sipil negara (ASN) digadang-gadang menjadi sangat strategis karena menjadi motor penggerak dalam mewujudkannya.

"Harapan kita tertumpu pada profil ASN yang berintegritas, profesional, netral, dan berkinerja tinggi," ungkap I Wayan Sukawinaya.

Lebih lanjut Sestama BNN menyampaikan bahwa ASN dengan profil demikian dapat diwujudkan dengan menerapkan sistem merit dan pendekatan human capital management. Tidak hanya itu, ASN juga dituntut untuk melek terhadap literasi digital.

Sementata itu, peningkatan literasi digital yang terus diupayakan tidak hanya cukup dengan pengembangan kompetensi, tetapi juga harua didukung dengan perubahan yang luar biasa dalam bentuk, komitmen, kerja keras, dan kesadaran kolektif dari semua institusi dengan sasaran akhirnya berupa peningkatan kinerja dan pelayanan publik.
"Tidak ada pilihan lain bagi kita selain bekerja keras, cerdas, dan selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia bangsa melalui adopsi ilmu pengetahuan dan teknologi," sebut Sestama BNN.

Sejalan dengan I Wayan Sukawinaya, Direktur Kinerja ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN), Dr. Achmad Slamet Hidayat yang hadir memberikan paparan mewakili kepala BKN menjelaskan bahwa PNS diarahkan untuk tidak saja berorientasi pada kegiatan-kegiatan, tetapi bagaimana memberikan hasil kontribusi maksimal atau kinerja yang optimal.

Ia juga menyampaikan pentingnya manajemen ASN untuk mewujudkan layanan publik yang berkualitas. Perubahan dalam peningkatan kinerja harus terus diupayakan.

"Perubahan peningkatan kinerja ASN dapat diwujudkan dengan 5 langkah, pertama adanya awareness atau kesadaran ASN tentang pentingnya perubahan dalam peningkatan kinerja, kedua adanya keinginan untuk berpartisipasi pada perubahan tersebut, ketiga memiliki pengetahuan perubahan, keempat adanya kemampuan untuk melalukan perubahan yang dimaksud, dan terakhir bagaimana pada akhirnya perubahan tersebut dapat menjadi sesuatu yang berkelanjutan," tutur Direktur Kinerja ASN BKN.

Kehadiran webinar yang diikuti oleh ratusan partisipan ini pun diharapkan dapat memberikan kontribusi yang produktif dalam mewujudkan harapan bersama menuju era Indonesia emas 2045. (ARM)

(BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.