Iklan

Wings Air Resmikan Penerbangan Perdana Rute Sangihe – Talaud

warta pembaruan
23 November 2021 | 2:00 PM WIB Last Updated 2021-11-23T07:00:35Z

Keterangan foto: Peresmian Terbang Perdana di Bandar Udara Melonguange, penyerahan miniatur pesawat ATR 72-600 Wings Air dari Capt. Rizky Firmansyah kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E.

Tahuna, Wartapembaruan.co.id
- Wings Airmember of Lion Air Group mengumumkan telah meresmikan rute baru dengan penerbangan perdana di wilayah Sulawesi Utara dari Bandar Udara Naha, Tahuna, Kepulauan Sangihe (NAH) ke Bandar Udara Melonguane, Kepulauan Talaud (MNA), pada Senin (22/ 11/2021).

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan terbang pertama nomor IW-1160 lepas landas dari Bandar Udara Naha pukul 09.10 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan mendarat mulus di Bandar Udara Melonguane pada 10.20 WITA. 

“Tanda pendaratan penerbangan berjadwal perdana ini, dilakukan penyemperotan pada badan pesawat (water salute), dengan sambutan antusias Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E,  bersama perwakilan pemerintah daerah setempat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pengelola bandar udara yang diwakili oleh Edy Patodingan dan Stenly Mussu,” katanya.

Danang juga mengatakan Wings Air optimis, ketersediaan penerbangan Wings Air akan mengakomodir calon penumpang yang berasal dari Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, Pulau Kabaruan, Kepulauan Nanusa, Pulau Mingas serta wilayah lain di sekitar.

“Penerbangan perdana dari dari Bandar Udara Melonguane bernomor IW-1161, pesawat mengudara pada 10.40 WITA dan tiba sesuai jadwal di Bandar Udara Naha pukul 11.50 WITA. Tanda diresmikan layanan penerbangan berjadwal dengan water salute, upacara adat istiadat berupa Gunde dan Upase, tarian tradisional masyarakat Sangihe dan musik bambu sangkakala peniel tabukan lama,” jelasnya.

“Juga sambutan dari Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME,  bersama perwakilan pemerintah daerah setempat, terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata, Femmy Montang SE AK M.cc; Kepala Dinas Perhubungan, Frans Porauw; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kepulauan Sangihe, Drs. Djoli Mandak, pengelola bandar udara diwakili oleh Dwi Ariyanto, Kepala Tata Usaha serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” lanjutnya.

Layanan penerbangan Wings Air dari Kepulauan Sangihe akan menjawab kebutuhan dari wilayah Kendahe, Kepulauan Marore, Manganitu, Manganitu Selatan, Nusa Tabukan dan daerah lain di sekitar.

“Tahap awal, Wings Air melayani frekuensi terbang 2 (dua) kali dalam sepekat setiap Senin dan Jumat. Wings Air senantiasa melakukan evaluasi pasar, bila mendatang tren permintaan layanan penerbangan meningkat, maka operasional penerbangan akan disesuaikan kebutuhan pasar,” paparnya.

Dikatakan juga, operasional penerbangan di rute tersebut, menempatkan Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang melayani penerbangan penumpang berjadwal domestik saat ini. Mendatang, pengembangan rute atau jaringan akan dilakukan secara bertahap.

“Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait lainnya dalam persiapan penerbangan berjadwal ini. Berharap, dengan sinergitas ini akan terlaksana lancar, sehingga Wings Air dapat menjangkau dan melayani penerbangan dalam wilayah (intra) Sulawesi Utara,” harapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wings Air Resmikan Penerbangan Perdana Rute Sangihe – Talaud

Trending Now

Iklan