Iklan

Kemnaker Resmikan BLK Mini di Abu Dhabi

warta pembaruan
21 Desember 2021 | 6:01 PM WIB Last Updated 2021-12-21T11:01:29Z


Abu Dhabi, Wartapembaruan.co.id
- Pemerintah Indonesia meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Mini di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab. Peresmian dilakukan oleh Duta Besar RI di Abu Dhabi, Husin Bagis dan Direktur Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Kementerian Ketenagakerjaan, M. Ali Hapsah.

Ali Hapsah mengatakan, BLK yang diinisiasi Kedutaan Besar RI di Abu Dhabi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebelum pulang kembali ke Tanah Air.

“Keberadaan BLK Mini ini sangat penting bagi teman-teman PMI sebelum pulang kembali ke rumah. Karena di tengah persaingan global saat ini, kata kuncinya adalah bagaimana kita membekali diri dengan kompetensi yang cukup agar kita tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata Ali Hapsah, di Abu Dhabi, Minggu (20/12/2021) waktu setempat.


Menurut Ali Hapsah, Kemnaker sangat mengapresiasi inisiasi Kedubes RI yang membangun BLK Mini di Abu Dhabi. Ia pun akan melaporkannya ke Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk memberi dukungan bagi perkembangan BLK Mini tersebut.

"Kira-kira yang dibutuhkan di sini pelatihan apa saja? Misalkan nanti akan mengadakan peralatan-peralatan, maka peralatan-peralatan itu akan disesuaikan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan,” ujar Ali Hapsah.

Kepada para PMI, Ali Hapsah berpesan 3 hal. Pertama, memperkuat hard skill seperti mengikuti pelatihan di BLK Mini. Kedua, memperkuat soft skill.

“Soft skill ini adalah kemampuan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, berkomunikasi dengan yang lain, kedisiplinan, kejujuran, ini yang harus dipertahankan,” ucap Ali Hapsah.

Ketiga, memperkuat literasi digital dengan memanfaatkan akses internet. “Karena handphone itu kalau bisa kita gunakan dengan baik, maka kita akan bisa memiliki skill yang berikutnya yaitu skill kewirausahaan,” tuturnya.

BLK Mini yang terletak di kantor KBRI di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, merupakan tempat pelatihan untuk para PMI sambil menunggu kepulangan ke Indonesia. Proses kepulangan ke Indonesia yang masih dalam proses diisi dengan pelatihan di BLK mini untuk bekal skill para PMI untuk membuka peluang usaha di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, para peserta BLK Mini dilatih oleh persatuan Dharma Wanita Indonesia di Abu Dhabi. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Resmikan BLK Mini di Abu Dhabi

Trending Now

Iklan