Iklan

Ketua Bamus Papua Ajak OAP Mensyukuri Keberadaan Papua Dalam Bingkai NKRI

warta pembaruan
22 Mei 2022 | 4:13 PM WIB Last Updated 2022-05-22T09:13:19Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Peringati Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas, Ketua Umum Bamus Papua, Willem Frans Ansanay mengajak seluruh masyarakat merenungkan sejarah ditetapkannya 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Seperti diketahui, Peringatan Harkitnas sendiri bertepatan dengan hari lahir Budi Utomo tahun 1908. Organisasi Budi Utomo mengubah metode perjuangan rakyat Indonesia yang awalnya bersifat fisik kemudian melibatkan cara diplomasi.

Untuk itu, Frans sangat berharap dalam segala permasalahan yang terjadi di Indonesia dapat diselesailan secara diplomasi.

"Jangan lagi ada penyelesaian masalah atau ketidakpuasan terhadap pemerintah dengan cara-cara yang tidak mendidik," ujar Frans, sabtu (21/5/22).

Frans kembali mengingat semangat Organisasi Budi Utomo, yang memiliki andil dalam membuat perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional dan kemudian mendorong lahirnya berbagai organisasi yang turut berjuang di bidang politik melalui jalan diplomatis.

"Untuk itu, sudah saatnya kita bersama-sama bangkit, sesuai tema dari Pemerintah yakni 'Ayo Bangkit Bersama'," ucapnya.

Sementara khusus untuk Papua, Frans berpesan kepada seluruh warga Papua untuk sama-sama mensyukuri keberadaan Papua dalam bingkai NKRI.

"Kita tahu bersama bahwa Papua merupkan bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI maka masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua harus mensyukuri anugerah Tuhan itu dimana OAP sebagai warga negara Indonesia wajib ikut serta membangun papua didalam nkri menjadi rumah bersama dalam semangat kebangkitan Nasional 114," ujarnya.

"Pemerintah bersama DPR RI telah memberikan UU Otsus dan DOB untuk mempercepat kebangkitan OAP dalam semangat Kebangkitan Nasional membangun dirinya, daerahnya sebagaimana amanat UU Otsus Papua, dengan tema Nasional "Ayo Bangkit Bersama". Ayo OAP bangkit bangun Papua sebagai wujud nyata bangun Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei dan pada peringatan yang ke-114 ini, pemerintah menetapkan tema "Ayo Bangkit Bersama"
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Bamus Papua Ajak OAP Mensyukuri Keberadaan Papua Dalam Bingkai NKRI

Trending Now

Iklan