Iklan

Pemko Pematangsiantar Siap Sukseskan EPTD untuk Cegah Kebocoran Penerimaan Daerah

warta pembaruan
23 Juni 2022 | 3:25 PM WIB Last Updated 2022-06-23T08:25:11Z


Simalungun, wartapembaruan.co.id -- Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar siap menyukseskan Program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (EPTD) sebagai implementasi upaya pencegahan kebocoran penerimaan daerah dengan pemanfaatan teknologi. Tujuannya, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat, serta sejalan dengan visi dan misi mewujudkan masyarakat Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA di acara High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar, di Hotel Niagara Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rabu (22/6/2022) mulai sekitar pukul 09.00 WIB.


Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar dalam opening speech-nya menyampaikan, sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo, Transformasi Digital harus dilakukan di seluruh pemerintah daerah. Oleh karena itu, KPw BI Pematangsiantar menyelenggarakan High Level Meeting TP2DD Wilayah Kerja KPw BI Pematangsiantar.


Menurut Munandar, kegiatan tersebut bertujuan agar Program ETPD dapat berjalan baik, terakselerasi, dan nantinya bermanfaat untuk pemerintah daerah, yakni berupa Peningkatan Pendapatan Daerah dan Transparansi dalam Pengelolaan Keuangan.

"Kami berharap seluruh pemerintah daerah dan Pemerintah Kota Pematangsiantar akan semakin maju dengan Program ETPD-nya dan menjadi salah satu terbaik di Indonesia," kata Munandar.


Sementara itu, perwakilan Spesialis Koordinasi dan Supervisi Madya - Komisi Pemberantasan Korupsi  Mohammad Jhonattan mengatakan pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai guna mengurangi penyuapan dan gratifikasi.


Sedangkan Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemnedagri) RI,  An An Andri Hikmat SR AP MM memaparkan, Kemendagri mendorong  pemerintah daerah meningkatkan transaksi keuangan digital, yang tujuannya meminimalisir terjadinya penyimpangan atau korupsi.

Selanjutnya, Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam pemaparannya menyampaikan, Pemko Pematangsiantar siap mensukseskan Program ETPD sebagai implementasi dari upaya pencegahan kebocoran penerimaan daerah dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat.

"Kami dari Pemerintah Kota Pematangsiantar berterima kasih kepada KPw BI Pematangsiantar, Bank Sumut, dan Kementerian Dalam Negeri. Ini merupakan pemicu bagi kami untuk terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dengan semangat dan integritas. Serta dengan dedikasi yang tinggi mensukseskan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Kota Pematangsiantar," terangnya.

Acara tersebut turut dihadiri, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH; Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Edimin; Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib SAg MM; Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima SE; Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP, Sekda Kabupaten Labuhanbatu Ir M Yusuf Siagian MMA; Asisten II Labuhanbatu Utara (Labura) Muhammad Asril SSos; serta Asisten II Kabupaten Asahan Drs Muhili Lubisa (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemko Pematangsiantar Siap Sukseskan EPTD untuk Cegah Kebocoran Penerimaan Daerah

Trending Now

Iklan