Iklan

Sekjen Kemnaker: Pemerintah Tegas Berkomitmen Penuhi Tenaga Kerja Kompeten

warta pembaruan
22 Juni 2022 | 11:36 AM WIB Last Updated 2022-06-22T04:36:53Z


Semarang, Wartapembaruan.co.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi menegaskan komitmen dari pemerintah pusat dalam mengkonsolidasikan informasi mengenai suplai pasar kerja untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau industri mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi.

"Melalui konsolidasi informasi suplai pasar kerja diharapkan ketersediaan data semakin memadai baik dari sisi kuantitas menuju big data maupun dari sisi kualitas data yang terkonsiliasi," kata Sekjen Anwar Sanusi ketika membuka kegiatan Konsolidasi Informasi Suplai Pasar Kerja di Semarang Jawa Tengah, Selasa (21/6/2022).

Menurut Anwar Sanusi, saat ini tantangan utama bagi perekonomian Indonesia adalah rendahnya kualitas pertumbuhan ekonomi, terutama kemampuan sektor-sektor ekonomi dalam meningkatkan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dari penelitian yang dilakukan McKinsey & Co tahun 2019, memperkirakan teknologi otomasi akan menghasilkan 4 hingga 23 juta pekerjaan di tahun 2030 mendatang."Ini sudah termasuk 10 juta pekerjaan yang baru, sejalan dengan tren inovasi dalam menciptakan bentuk-bentuk pekerjaan baru,"ungkap Anwar.


Ia menyebut, data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada bulan Februari 2022 mencapai 5,83 persen. "Meski tercatat turun dibandingkan Februari 2021, kondisi ketenagakerjaan masih belum bisa dikatakan pulih," pungkas Anwar Sanusi seraya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama membangun perekonomian Indonesia melalui pembangunan tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekjen Kemnaker: Pemerintah Tegas Berkomitmen Penuhi Tenaga Kerja Kompeten

Trending Now

Iklan