Iklan

Tunaikan Janji, Ratusan Jurnalis Bersatu Geruduk Mapolres Sampang

warta pembaruan
20 Juni 2022 | 5:55 PM WIB Last Updated 2022-06-20T10:55:48Z


Sampang, Wartapembaruan.co.id -- Ribuan Jurnalis mengepung Mapolres Sampang, meminta pertanggung jawaban atas sikap arogansinya saat mendarah darah penuh amarah melontarkan perkataan yang tidak seharusnya diucapkan yakni tidak akan melayani wartawan yang tidak terdaftar ke Dewan Pers dan tidak melakukan UKW.  Senin, 20/06/2022.

Ungkapan itu di tegaskan sendiri oleh Kapolres Sampang Arman saat Audensi dengan sejumlah awak media terkait tindak lanjut penangkapan pupuk bersubsidi sebanyak 17 ton yang tak kunjung ada kejelasan dan dalam rangka klarifikasi prosedur pendistribusian Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) .

Namun saat audiensi berlangsung dan terlibat diskusi sengit, Kapolres Arman naik darah dengan melontarkan pernyataan bahwa tidak akan melayani media yang tidak terdaftat di dewan Pers dan Ikut UKW. Padahal yang menjadi Mitra Polres Sampang selama ini adalah media dan wartawannya  hampir 90 persen tidak ada yang UKW dan tak terdaftar ke Dewan Pers.

Oleh sebab itu, ratusan Jurnalis dari berbagai Daerah memadati Mapolres Sampang menuntut Kapolres Arman Dicopot.

Korlap Aksi, dipimpin oleh Aziz Gus Priyanto SH selaku Ketua Forum Gardu Demokrasi (FGD) sekaligus Ketua Dewan Pengawas Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK-DPD) Sampang.

"Kami tidak butuh berita kami disini karena diusik. Kami disini karena terusik. Sebelumnya kkarena tidak pernah terusik.

Kabiro Target Hukum, Dedet, mengatakan bahwa apa yang sudah dikatakan Kapolres pada saat menggelar Audiensi tidak ada dasar Hukumnya. Bahwa wartawan dibatasi jika jika tidak terdaftar di Dewan Pers.

"UU Pers dengan Dewan Pers ? " kemudian dijawab oleh para ratusan Jurnalis.

"Sensasi anda telah mempermalukan masyarakat Sampang. Masyarakat sudah adem, eh ternyata gara gara anda semua masyarakat Sampang Malu. Anda tidak layak hidup di Sampang," jelasnya.

"Anda bodoh. Kapolres memberikan sensasi murahan dan tidak berkualitas. Saya malu karena pernyataan Kapolres yang kurang berkelas ini hingga viral ke pelosok negeri," tukasnya.

Sementara Korlap Aksi atas nama Lutfi asal Pemakasan selaku Sekretaris AWP menyampaikan dalam orasinya bahwa jangan sampai dewan Pers dijadikan acuan untuk nanti Aparat Penegak hukum bertindak semena -mena.

"Sementara pernyataan dewan Pers ada dua versi pernyataan yang sudah tayang dibeberapa media.  Dari sekian tahun baru sekarang  terjadi di Kabupaten Sampang dan ini memalukan," tandasnya.

Disis lain, orasi yang lain, Bung Aziz dengan lantang  menegaskan bahwa kedatangannya untuk meminta Kapolres Sampang, Arman segera Hengkang.

"Saya minta Kapolres Arman segera hengkang dari Sampang," ujar Korlap Aksi. Senin, 20/06/2022.

Ia memastikan bahwa persoalan ini akan bergulir ke Mabes Polri.

"Trunujoyo akan menunggu Kapolres di Jakarta. Kami ingin menyelamatkan institusi," ungkapnya.

Pihaknya meminta untuk Kapolres Arman agar keluar untuk menemui ratusan Jurnalis.

" Keluar Kapolres jangan jadi pengecut . Keluar kau," tandasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tunaikan Janji, Ratusan Jurnalis Bersatu Geruduk Mapolres Sampang

Trending Now

Iklan