Iklan

Dihadiri Danrem 042/Gapu, 71 Komcad Asal Jambi Ditetapkan Wapres RI

09 September 2022 | 8:24 AM WIB Last Updated 2022-09-09T01:24:14Z
Wartapembaruan.co.id, Bandung ~ Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono,S.IP., M.M menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin yang berlangsung di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat. Kamis (8/9/2022)

Kehadiran Brigjen TNI Supriono tersebut menjadi penyemangat ke 71 Komcad asal pengiriman Korem 042/Gapu (Jambi) yang telah ditetapkan oleh Wapres bersama 2.974 Komcad lainnya.

Komcad yang  bersifat sukarela (voluntary) ini telah mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) selama 3 bulan  di empat Lembaga Pendidikan TNI AD yaitu Rindam II/Swj, Rindam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn, dan Pusdik Kowad serta Kodikmar TNI AL, Pusdiklat Pasgat TNI AU dan Universitas Pertahanan.

Sedangkan Ke 71 Komcad asal provinsi Jambi tersebut mengikuti pendidikan Latsarmil di Rindam II/Swj bersama dengan 450 Komcad lainnya asal wilayah Sumbagsel seperti Provinsi Lampung, Sumsel, Babel dan Bengkulu

Wapres RI yang didampingi Menhan RI Prabowo Subianto, Kasad, Kasal dan Kasau, dalam sambutannya mengatakan bahwa sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa. Selain itu, komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champion diberbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan terhadap Tanah Air,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Komcad merupakan  subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat Komponen Utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan Pertahanan Militer dan Nirmiliter.

Usai pelaksanaan upacara para tamu undangan disuguhkan gelaran defile, demonstrasi dan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, serta komponen cadangan.

Otentikasi Kapenrem 042/Gapu.
Rillis: kian tat
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dihadiri Danrem 042/Gapu, 71 Komcad Asal Jambi Ditetapkan Wapres RI

Trending Now

Iklan