Iklan

Terima Bansos, Perangkat Desa Sei Nahodaris Jadi Perbincangan Warga

warta pembaruan
28 September 2022 | 12:38 PM WIB Last Updated 2022-09-28T05:38:33Z


LABUHANBATU, Wartapembaruan.co.id - Program bantuan sosial sejatinya diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu sesuai undang-undang No 13 Tahun 2011, pasal 1 dijelaskan, Fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

Penanganan fakir miskin adalah upaya terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pemeberdayaan, pendampingan, serta fasilitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara.

Program tersebut membuktikan keseriusan pemerintah dalam membantu meningkatkan kwalitas ekonomi warga negara Indonesia.
Nah, bicara soal penerima, hendaknya program tersebut harus tepat sasaran sesuai dengan data yang akurat tanpa ada tebang pilih, sehingga polemik pemerima Bansos (Bantuan Sosial) tidak bermunculan.
Sayangnya di Desa Nahodaris, Kecamatan Panai Tengah, Kab. Labuhanbatu, penerima Program diduga ada si mampu yang ketangkul. Bahkan diduga istri Oknum mantan kepala desa beserta perangkat Desa lainnya.

Tentunya pemerintah Labuhanbatu melalui Kementerian Sosial harus lebih detail mengevaluasi daftar calon penerima program yang di usung oleh pemerintah dalam membantu meringankan beban ekonomi warga.
Secara ekonomi, masih banyak warga yang kurang mampu tidak tersentuh.

Menanggapi isu yang berkembang tersebut, salah warga Nahodaris yang tidak mau disebutkan namanya sangat menyesalkan hal tersebut, dan menjadi perbincangan yang hangat ditengah masyarakat. Ia menjelaskan, istri oknum mantan kepala desa beserta perangkat Desa jauh sebelum Kepala desa di non aktifkan karna habis masa jabatannya, nama istri mantan kades beserta perangkat desa tersebut masih ada didalam daftar penerima PKH hingga hari ini.


Dari pantauan awak media wartapembaruan.co.id data diterima dari narasumber yg tidak dapat sebutkan namanya mengirimkan data langsung ke awak media wartapembaruan.co.id melalui Aplikasi WhatsApp.


“Nama yang bersangkutan (F) masih ada sampai saat ini didalam daftar penerima, untuk pastinya coba hubungi petugas pendamping PKH"Ujarnya

Pihak yang mendata warga miskin di daerah tersebut belum bisa dimintai keterangan karna sedang sakit.

Sementara PJ Kades Desa Nahodaris Arman saat dikonfirmasi tidak mengetahui hal tersebut

"Saya tidak tahu pak mengenai perangkat desa mendapat bantuan Bansos"cetusnya

Dalam waktu dekat Pj kades akan mengundang Camat Panai Tengah, Koordinator PKH, Pendamping PKH beserta seluruh masyarakat.

Dalam waktu dekat kita akan undang pihak terkait beserta masyarakat yang menerima bantuan bansos untuk dilakukan musyawarah"pungkasnya

Pendamping PKH Zuhida hayani membenarkan hal tersebut.

"Benar pak istri mantan kades dan istri kepala dusun mendapat bantuan bansos. Kalau untuk atas nama fauziah, tidak pernah menerima uang bantuan tersebut semenjak terdaftar sebagai penerima tahun 2018, kalau istri kepala dusun ia sampai sekarang cair uangnya" ucapnya

Saat ditanya awak media apakah uangnya tidak cair dari pusat atau cair namun bertahan di Bank, namun pendamping tidak tahu

"Kalau masalah itu saya tidak tahu pak"Pungkasnya

Adapun dugaan perangkat Desa yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat bantuan (BPNT, BST, PKH, BLTBMM dan PBI-JK) ialah;
1. Inisial F (51Tahun) istri dari mantan kades. Jenis bantuan PKH, PBI-JK, BLT BBM 2018 s/d 2022

2. M (47 Tahun) istri Kepala dusun. Jenis bantuan BPNT,  PKH, PBI-JK, BLTBBM 2018 s/d 2022

3. S (40 Tahun) istri Kepala dusun. Jenis bantuan, BPNT, PKH, PBI-JK, BLTBBM 2018 s/d 2022

4. B (40Tahun) istri Kepal dusun. Jenis bantuan, BPNT, PKH, PBI-JK, BLTBBM

5. S (47) istri Kaur. Jenis bantuan, BPNT, PBI-JK, BLT BBM

6. UK (36Tahun) istri Kepala dusun. Jenis bantuan, BPNT, PKH, PBI-JK, BLTBBM

7. SA (31Tahun) istri Kepala dusun. Jenis bantuan, BPNT, BST, BLTBBM

Albert Hutagaol
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terima Bansos, Perangkat Desa Sei Nahodaris Jadi Perbincangan Warga

Trending Now

Iklan