Iklan

WD III FISIP USK, Maimun : Mahasiswa Sebagai Sosial Kontrol harus Memiliki Kemampuan Berorganisasi

warta pembaruan
26 Oktober 2022 | 9:40 AM WIB Last Updated 2022-10-26T02:40:15Z


Banda Aceh, Wartapembaruan.co.id
- Komunitas Diskusi Ilmiah (KDI) undang WD III FISIP USK, Maimun S.Pd M.A sebagai pembicara dalam diskusi rutin ilmiah bertajuk 'Sukses Organisasi dan Akademik', Selasa (25/10). Diskusi ilmiah tersebut dilaksanakan di Gerobak Arabica Lamnyong, Banda Aceh.

Koordinator KDI Fadhullah Fatahillah mengatakan, diskusi ilmiah merupakan tradisi mahasiswa yang sudah sering ditinggalkan.

"Kita ingin mahasiswa kembali pada fitrahnya,  kembali melakukan diskusi-diskusi ilmiah yang konstruktif", ucap Fadhullah Fatahillah.

Sementara itu Humas KDI, Nadia Salsabila di tempat yang sama mengatakan, diskusi ilmiah yang dilaksanakan KDI (Komunitas Diskusi Ilmiah) melibatkan kader HMI FKIP USK dan JIMI (Jaringan Intelektual Muda Islam) serta didukung Gerobak Arabica.

"Kegiatan kita didukung kader HMI FKIP USK, JIMI, Gerobak Kopi Arabica, dan kita laksanakan seminggu 2 sampai 3 kali, kata Nadia.

WD III FISIP USK, Maimun dalam pemaparan singkatnya mengatakan, mahasiswa sebagai sosial kontrol harus memiliki kemampuan berorganisasi. Pada saat yang sama memiliki kemampuan akademik yang unggul sehingga mampu melakukan kerja-kerja pengabdian.

"Untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa harus berpikir dan bertindak secara ilmiah sehingga lahir ide dan gagasan. Ide dan gagasan itu harus dilaksanakan secara terorganisir, itulah mengapa penting mensirnergiskan akademik dan organisasi, kata Maimun.

Maimun juga berpesan, organisasi internal dan ekternal itu jangan saling bersinggungan namun harus saling bergandengan tangan.

"Organisasi internal kampus harus menyambut teman-teman yang aktif di Organisasi eksternal semisal HMI, PMII, PII, dan lain-lain dengan gandengan tangan, jangan malah mencurigai", sambung Maimun.

Diskusi ilmiah yang dipandu Nadia Salsabila itu, dihadiri belasan aktivis HMI, JIMI, serta mahasiswa baru dari USK dan UIN Banda Aceh.

Diskusi ilmiah yang dilaksanakan KDI rencananya akan menghadirkan pembicara berlatar aktivis dan ilmuwan dari beragam organisasi dan profesi.

"Ke depan kita akan hadirkan para aktivis, ilmuwan, birokrat, seniman, jurnalis, yang semuanya pernah dan masih berorganisasi, tutup koordinator KDI Fadhullah Fatahilah. (*)

Koordinator KDI
Fadhullah Fatahilah

Banda Aceh, 25 Oktober 2022
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • WD III FISIP USK, Maimun : Mahasiswa Sebagai Sosial Kontrol harus Memiliki Kemampuan Berorganisasi

Trending Now

Iklan