Iklan

Menaker Resmikan Pengembangan Kampung Kompeten Produktif di Semarang

warta pembaruan
15 Desember 2022 | 6:16 PM WIB Last Updated 2022-12-15T11:16:29Z


Semarang, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, bersama Dirjen Binalavotas Kemnaker Budi Hartawan dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha, meresmikan pengembangan 'Kampung Kompeten Produktif' di Dusun Semilir, Ngemplak, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12/2022), dengan membunyikan angklung secara bersamaan.


"Saya mengharapkan program pengembangan kampung kompeten produktif ini, dapat diterapkan di masyarakat, sehingga akan terwujud penerapan prinsip-prinsip produktivitas di masyarakat untuk meningkatkan produktivitas, perluasan kesempatan kerja, peningkatan kesejahteraan desa, dan meningkatkan pertumbuhan tenaga kerja yang produktif di desa," kata Ida.

Ida Fauziyah menambahkan program pengembangan kompeten ini diberikan kepada masyarakat adalah sebagai bukti bahwa Kemnaker menyadari peran penting pemerintah sebagai regulator dan fasilitator dalam meningkatkan unsur produktivitas walaupun di suatu kampung di daerah-daerah.

"Melalui program ini, Kemnaker ingin meyakinkan semua pihak bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau simultan dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Termasuk di dalamnya penurunan angka pengangguran serta peningkatan kualitas keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di wilayah masyarakat kampung," ucap Menaker.


Program pengembangan kampung kompeten produktif pada tahun 2022 merupakan pilot project yang telah dilaksanakan di 10 lokasi. Yakni di kabupaten Kudus, Mojokerto, Madiun, Mamasa, Pekalongan, Dieng, Demak, Karawang, Semarang, dan kecamatan Tebet (Jakarta).


"Program kampung kompeten produktif ini, bukanlah sekedar merefleksikan program peningkatan produktivitas untuk masyarakat kampung belaka. Lebih dari itu, program ini juga melambangkan spirit dan komitmen untuk terus membangun keunggulan kampung di tengah perubahan," pungkas Dirjen Budi Hartawan. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker Resmikan Pengembangan Kampung Kompeten Produktif di Semarang

Trending Now

Iklan