Iklan

Polri Kembali Lantik 1.254 Bintara Menjadi Perwira

warta pembaruan
14 Desember 2022 | 5:19 PM WIB Last Updated 2022-12-14T10:19:37Z


Sukabumi, Wartapembaruan.co.id
- Setukpa Lemdiklat Polri kembali menggelar upacara penutupan Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari bintara ke perwira Polri gelombang II tahun 2022, dan melantik 1.254 orang menjadi perwira pertama Polri berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA), pada Rabu (14/12/2022) pagi.


Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Waka Lemdiklat Polri) Irjen Pol Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si secara resmi menutup program pendidikan PAG gelombang II tahun 2022 Resimen Tadya Maharana Kivandra (TMK) dan secara simbolik melantik para mantan peserta didik menjadi perwira pertama Polri.

Dalam amanatnya Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Eko Budi Sampurno menyampaikan dengan adanya upacara penutupan pendidikan dan pelantikan perwira lulusan PAG gelombang II tahun 2022 ini, secara kuantitas Polri telah berhasil menambah jumlah perwira baru sebanyak 1.254 orang yang terdiri dari 1.217 polisi laki - laki dan 37 polisi wanita,  yang nantinya akan menjadi perkuatan untuk mengemban tugas pada berbagai fungsi staf dan operasional sesuai bidang keahlian masing-masing ditingkat markas besar maupun diseluruh kewilayahan

Irjen Eko menambahkan bahwa 1.254 perwira yang baru saja dilantik ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan dan dukungan yang optimal terhadap institusi Polri, sehingga mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, mampu memperkuat soliditas internal maupun eksternal guna terwujudnya stabilitas keamanan masyarakat serta menjunjung semangat penegakan hukum berkeadilan dengan mengedepankan restorative justice  dalam menyelesaikan kasus yang dilaporkan masyarakat.

Para perwira harus mampu menjadi tauladan dalam kebaikan, menjauhi apa yang menjadi keluhan masyarakat kepada Polri seperti pungli, tindakan sewenang-wenang dan gaya hidup mewah, ucap Irjen Eko.

Irjen Eko menegaskan hal - hal yang harus di pedomani dan dilaksanakan oleh para perwira yang baru dilantik, yang pertama harus menjadi insan bhayangkara yang selalu menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua tanamkan tekad, semangat dan motivasi yang tinggi untuk tidak berhenti belajar, berlatih dan mengembangkan diri, tunjukan sebagai perwira ilmuan serta selalu ingin berbuat yang terbaik.

Ketiga jalin kebersamaan, kekompakan dan semangat serta kecintaan terhadap institusi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, Tribrata, Catur Prasetya serta kode etik profesi demi menjaga harkat dan martabat Polri.

Keempat jagalah kehormatan pribadi dan Polri dengan tidak berbuat tindak pidana, tampilkan pola hidup sederhana, bijak dalam bermedsos, dan jadilah tauladan baik dilingkungan kerja maupun ditengah masyarakat, serta selalu melayani masyarakat dengan penuh ketulusan.

Kelima jalin kemitraan dan sinergitas dengan seluruh aparat penyelenggara keamanan, pemerintah pusat dan daerah serta komponen masyarakat agar memiliki satu visi dan tujuan dalam memelihara serta meningkatkan Kamtibmas.

Dalam upacara tersebut diberikan penghargaan kepada tiga perwira lulusan terbaik yaitu terbaik umum (Teladan) diberikan kepada Ipda Ni Made Sulasmi, S.Sos asal pengiriman Polda Bali, terbaik akademik (Cendekia) Ipda Suparti Indah Wahyuni asal pengiriman Polda Jatim dan terbaik mental kepribadian (Tertabah) Ipda Ferry Eka Widyanto asal pengiriman Polda Kaltim.

Upacara penutupan PAG gelombang II tahun 2022 kali ini juga dihadiri oleh pejabat utama Lemdiklat Polri, pejabat SSDM Polri, Karo Dokpol Pusdokes Polri, pejabat utama Setukpa Lemdiklat Polri, Forkopimda Kota Sukabumi, Pengurus Bhayangkari Cabang 04 Setukpa dan seluruh personel Setukpa Lemdiklat Polri.(Leodepari)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polri Kembali Lantik 1.254 Bintara Menjadi Perwira

Trending Now

Iklan