Iklan

Timnas Indonesia Gagal Kalahkan Vietnam di Stadion GBK Jakarta

warta pembaruan
06 Januari 2023 | 7:51 PM WIB Last Updated 2023-01-06T12:51:21Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Timnas Sepakbola Indonesia gagal mengalahkan tamunya Vietnam dan hanya bermain imbang 0-0 pada pertandingan semifinal pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat petang (6/1/2023).

Kegagalan Indonesia mengalahkan Vietnam di kandang merugikan Indonesia karena pada pertandingan semifinal kedua, Indonesia akan bermain di kandang lawan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023).

Pertandingan Indonesia menjamu Vietnam berlangsung dengan tempo tinggi di babak pertama, dan meskipun penguasaan bola dikuasai Vietnam sebesar 64 persen, namun Indonesia justru memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol, sayangnya kesempatan yang tercipta gagal menghasilkan gol.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong pada pertandingan kali ini menurunkan formasi 3-5-2, dengan menerapkan tiga center back, yaitu Fachrudin Ariyanto, Jordi Amat dan Rizki Ridho. Kemudian di tengah, pelatih asal Korea Selatan itu memasang dua bek sayap Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan dengan trio gelandang tengah Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, dan Marc Klok. Sedangkan di lini depan Indonesia memasang duet Dendy Sulistyawan dan Yakob Sayuri.

Formasi 3-5-2 tersebut membuat para pemain Vietnam kesulitan untuk menembus pertahanan Indonesia, sehingga praktis kiper Nadeo Argawinata tidak pernah mendapat ancaman yang berarti sepanjang babak pertama, sedangkan Indonesia justru memperoleh tiga peluang, masing-masing melalui satu peluang Dendy Sulistiawan dan dua peluang Yakob Sayuri.

Sayangnya Dendi dan Yakob Sayuri kurang tepat dalam mengambil keputusan ketika keduanya sudah mendekati gawang Vietnam, sehingga bola kemudian berhasil diamankan pemain lawan. Demikian juga sundulan tajam Yakob Sayuri berhasil ditepis kiper Vietnam, Dang Van Lam.

Pada babak kedua permainan menjadi lebih lambat, dan Vietnam justru mulai ke luar dari tekanan Indonesia, dan berhasil beberapa kali menghasilkan tendangan sudut. Namun tanggunghnya pertahanan Indonesia yang digalang Jordi Amat, selalu berhasil mementahkan serangan Vietnam. Indonesia sendiri tampaknya gagal menciptakan peluang emas di babak kedua, setelah pemain belakang Vietnam selalu berhasil menjaga pergerakan Marselino, Yakob Sayuri dan Dendy Sulistyawan.

Secara keseluruhan, penguasaan bola dikuasai Vietnam sebesar 56 persen, sedangkan Indonesia hanya 44 persen. Namun dari tendangan ke gawang, Indonesia delapan kali, dengan dua di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan Vietnam hanya melakukan percobaan empat kali, dan hanya satu yang mengarah ke gawang Nadeo.

Dengan hasil imbang 0-0 tersebut, Vietnam tampaknya diuntungkan karena pada leg 2 akan dimainkan di Hanoi, Vietnam. Namun demikian, apabila Indonesia berhasil menahan imbang 1-1 atau 2-2 dan seterusnya di Hanoi, maka Indonesia akan lolos ke babak final Piala AFF 2022.

Pemain Indonesia vs Vietnam:

Indonesia (3-5-2): 22-Nadeo Argawinata (GK); 14-Asnawi Mangkualam, 19-Fachruddin Aryanto, 5-Rizky Ridho, 12-Pratama Arhan; 23-Marc Klok, 4-Jordi Amat; 2-Yakob Sayuri (7-Saddil Ramdani), 6-Marselino Ferdinan (8-Witan Sulaeman), 13-Rachmat Irianto (15-Ricky Kambuaya); 11-Dendy Sulistyawan (9-Ilja Spasojevic). Pelatih: Shin Tae-yong.

Vietnam (5-3-2): 23-Dang Van Lam (GK); 17-Vu Van Thanh (6-Thanh Binh Nguyen), 2-Do Dui Manh, 3-Que Ngoc Hai, 4-Bui Tien Dung; 5-Doan Van Hao; 19-Nguyen Quang Hai, 8-Do Hung Dung (11-Nguyen Tuan Anh); 14-Nguyen Hoang Duc; 20-Phan Van Duc (13-Ho Tan Tai), 22-Nguyen Tien Linh (18-Pham Tuan Hai). Pelatih: Park Hang-seo. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Timnas Indonesia Gagal Kalahkan Vietnam di Stadion GBK Jakarta

Trending Now

Iklan