Iklan

Kakanwil Kumham Sumut Imam Suyudi Bersama Wagub Sumut Musa Rajekshah Resmikan Sarana Bimbingan Kegiatan dan Latihan Kerja di Rutan Medan

13 Februari 2023 | 6:20 PM WIB Last Updated 2023-02-13T11:20:19Z


Medan, Wartapembaruan.co.id—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Imam Suyudi didampingi oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meresmikan Sarana Bimbingan Kegiatan dan Latihan Kerja pada Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan. (13/02)

Dengan tujuan “Menciptakan Manusia Mandiri”, sejalan dengan Lambang Pemasyarakatan yang memiliki makna "Griya Winaya Janma Miwarga Laksa Dharmesti" yang artinya rumah untuk pendidikan manusia yang salah jalan agar patuh kepada hukum dan berbuat baik. Dalam pemenuhan akan pelaksanaan dari makna dan arti tersebut Lapas sebagai Lembaga Pembinaan akan terus melakukan pembimbingan kepada seluruh Warga Binaan, salah satunya dalam bentuk program Bimbingan Kegiatan dan Latihan Kerja yang baru saja diresmikan.

Kakanwil Sumut Imam Suyudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sarana bimbingan kegiatan kerja ini merupakan salah satu perwujudan hubungan dalam kehidupan sehari-hari antara Tuhan, manusia, dan alam. Dalam hal ini bimker ini merupakan hubungan ke lingkungannya dalam bentuk pekerjaan sehingga harus dilaksanakan dalam mewujudkan penghidupan dan kehidupan manusia. Imam juga menyampaikan kondisi di Lapas dan Rutan di Sumatera Utara yang mengalami overcrowded, hal inilah yang perlu kita sinergikan bersama dengan seluruh jajaran dan aparat penegak hukum untuk melakukan upaya-upaya yang lebih mengarah kepada restorative justice agar tidak semua yang melakukan pelanggaran masuk ke pemasyarakatan melainkan dibina di lingkungan-lingkungan sosial tentu akan lebih efektif dan berguna. 

“Terimakasih atas inisiatif dan kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini, semoga bermanfaat bagi seluruh warga binaan yang ada di Rutan Medan maupun seluruh UPT Pemasyarakatan se-Sumatera Utara”, tutup Imam.

Selanjutnya Wagubsu Musa Rajekshah dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kanwil Kemenkumham Sumut beserta jajaran yang telah menciptakan program yang sangat luar biasa bagi warga binaan. Wagubsu menilai bahwa bimbingan dan pelatihan kerja merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan bagi warga binaan khususnya selepas kembali ke masyarakat yang sering dikucilkan dan terkadang tidak memiliki ketrampilan untuk bekerja.

“Jangan pernah lelah untuk kebaikan dan jangan menyerah untuk menuju kebenaran walaupun terkadang tidak sesuai dengan harapan. Buat saudara yang ada didalam untuk bersabar karena takdir tidak dapat dihindari, pasti ada hal-hal yang baik dibalik semua ini”, tutup Musa Rajekshah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut, Karutan Medan Nimrot Sihotang selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan, Ka-UPT Pemasyarakatan Medan sekitar, Ketua DPRD Tanjung Balai Tengku Eswin. Kepala Disnaker Deli Serdang Binsar Sitanggang, perwakilan DPRD Kota Medan, Bupati Deli Serdang, Kejaksaan Negeri Medan, Kejaksaan Tinggi Sumut, TNI-POLRI, Yayasan Anugerah Insan Residivis, juga turut hadir aktivis dan tokoh Sumut, Parlindungan Purba.

 (Novian)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kakanwil Kumham Sumut Imam Suyudi Bersama Wagub Sumut Musa Rajekshah Resmikan Sarana Bimbingan Kegiatan dan Latihan Kerja di Rutan Medan

Trending Now

Iklan