Iklan

Diskusi dan Ngopi Bareng PAPN Dengan Dirjakstrahan Ditjen Strahan Kemhan Tentang Kebijakan dan Strategi Pertahanan Negara

warta pembaruan
09 Maret 2023 | 6:25 PM WIB Last Updated 2023-03-09T11:59:21Z

Direktur Kebijakan Strategi Pertahanan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Yudhi Murfi, SIP,M.Si dan Peserta
Diskusi dan Ngopi bareng tentang Kebijakan dan Strategi Pertahanan Negara, Rupat Tritura Lt 8 di Gedung
Ahmad Yani , Jalan Merdeka Barat No.13-14 Jakarta Pusat. Kamis (9/03/2023).(Foto : Sitho) 

Jakarta, Wartapembaruan.co.id – Sambutan Sekretaris Ditjen Strahan Kemhan pada pembukaan yang dibacakan oleh Dirjakstrahan Ditjen Strahan mengatakan bahwa kegiatan Diskusi dan Ngopi bareng tentang Kebijakan dan Strategi Pertahanan 
bersama Persatuan Analis Pertahanan Negara (PAPN) dengan tujuan untuk 
memberikan pemahaman tentang kebijakan dan strategi pertahanan negara kepada seluruh Pejabat APN Kemhan dan Analis Kebijakan Pertahanan Madya Ditjen Strahan 
Kemhan, hal ini sejalan dengan tugas analis pertahanan negara melakukan analisis pertahanan negara untuk mendukung sistem pertahanan negara.

Kebijakan pertahanan negara sebagai pedoman bagi penyelenggarara fungsi 
pertahanan negara bukan hanya sekedar untuk dipahami tetapi harus disebarluaskan dan dimplementasikan kepada masyarakat umum. 


Demikian juga dengan pembangunan kekuatan pertahanan dimanapun, menuntut adanya sinergitas sehingga terbangun kekuatan pertahanan andal yang mampu memancarkan daya tangkal, maka disinilah pentingnya pemahaman kebijakan dan strategi pertahanan bagi pejabat analis pertahanan negara. 

Tugas kementerian pertahanan menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertahanan untuk membantu presiden menyelenggarakan pemerintahan negara. dalam melak-sanakan tugas kementerian pertahanan menyelenggarakan fungsi perumusan, penetapan dan pelaksanakan kebijakan antara lain: di bidang strategi pertahanan, perencanaan pertahanan, potensi pertahanan dan kekuatan pertahanan.

Untuk mewujudkan hal ini tentunya perlu direalisasikan dalam bentuk kebijakan yang menghasilkan produk strategis Kemhan, sebagai produk turunan dari berbagai peraturan, seperti undang-undang nomor 3 tahun 2002 maupun kebijakan nasional 
lainnya. 


Diskusi dan Ngopi bareng kali ini menghadirkan nara sumber Direktur Kebijakan Strategi Pertahanan (Dirjakstrahan) Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Yudhi Murfi,  SIP,M.Si dengan tema “Memahami Kebijakan dan Strategi Pertahanan Negara”. 

Sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman. 

Dalam menghadapi ancaman sesuai Prediksi Ancaman (Perpres 8/2021 ttg Jakum Hanneg 2020-2024), dimana jenis ancaman terdiri ancaman Non Militer, Hibrida dan militer, maka diperlukan suatu kebijakan pertahanan yang sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang ada.

Kebijakan pertahanan negara sebagai pedoman bagi penyelenggaraan fungsi 
pertahanan negara bukan hanya sekedar untuk dipahami tetapi harus disebarluaskan dan dimplementasikan kepada seluruh masyarakat, dengan demikian akan memiliki pemahaman dan kesadaran tentang pertahanan negara.

Kegiatan diskusi dan ngopi bareng dihadiri Pejabat Eselon III Ditjen Strahan, Kabag Induk PNS Biro Kepegawaian Setjen Kemhan, Pejabat Analis Kebijakan Madya Ditjen Strahan dan Pejabat Fungsonal Analis Pertahanan Negara (APN) Kemhan dilaksanakan Kamis 9 Maret 2022, di Rupat Tri Tura Gedung Ahmad Yani Lt 8, Jalan Merdeka Barat No.13-14 Jakarta Pusat, dan diakhiri dengan silahturahmi bersama.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskusi dan Ngopi Bareng PAPN Dengan Dirjakstrahan Ditjen Strahan Kemhan Tentang Kebijakan dan Strategi Pertahanan Negara

Trending Now

Iklan