Iklan

Indonesia Raih 16 Emas, Pencak Silat dan Renang Mulai Sumbang Emas

warta pembaruan
07 Mei 2023 | 10:04 PM WIB Last Updated 2023-05-07T15:04:09Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Indonesia terus menambah perbendaharaan medali emas dalam pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara (SEA Games) ke-32 di Pnomh Penh, Kamboja. Hari Minggu (7/5/2023), kontingen Indonesia menambah delapan medali emas dari cabang olahraga Hoki Putra, dua medali emas dari Pencak Silat, Karate (1), Renang (2), Balap Sepeda (1) dan Vovinam (1 emas). 

Total Indonesai telah mengumpulkan 16 medali emas dan menduduki urutan tiga dalam klasemen perolehan medali SEA Games, di bawah tuan rumah Kamboja dan Thailand. 

Tim Indoor Hoki Putra memberikan kejutan setelah mengalahkan tim Malaysia pada pertarungan final, dan merebut medali emas. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah tertinggal 0-3. Dan melalui adu tendangan penalti, Indonesia unggul 2-1. Kemenangan itu sekaligus revans karena di babak penyisihan, Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia.

Bertanding di Dinosaur Park Hall, Minggu (7/5), Indonesia tertinggal 0-3 hingga kuarter tiga. Namun pada 10 menit terakhir kuarter empat, Indonesia berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan 3-3. Tiga gol Indonesia dicetak Firdaus Muhammad menit ke-36, Rahman Ferdian menit ke-38, dan Alfiana Muhammad menit ke-39. Pertandingan berlanjut ke babak shoutout, dan Indonesia menang 2-1 dan merebut medali emas.


Sementara itu prestasi membanggakan dicatat pebalap sepeda Feri Yudoyono dan Sayu Bella. Pada Sabtu (6/5), Feri dan Sayu Bella masing-masing merebut medali emas nomor Cross Country perorangan. Dan pada Minggu (7/5), keduanya mempersembahkan medali emas kedua bagi Indonesia setelah berhasil menjuarai nomor Mixed Cross Country Relay-MTB. Ferri Yudoyono dan Sayu Bella meraih medali emas bersama dua atlet lain, yaitu Zaenal Fanani dan Dara Latifah. 

Tambahan emas Indonesia juga dipersembahkan atlet cabang olahraga pencak silat dan karate. Dua medali emas berasal dari cabang olahraga pencak silat melalui Puspa Arum Sari (Artistic Tunggal Putri) dan Anggri Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani serta Rano Slamet Nugraha (Nomor Artistic Beregu Putra). Sedangkan satu medali emas dari karate dipersembahkan Sandi Firmansyah melalui nomor Komite Perorangan Putra Kelas 84 Kg.

Satu medali emas juga dipersembahkan atlet Vovinam Putri, Manik Trisna Dewi. Bertanding di Chroy Changvar Convention Center Hall, Phnom Penh, Minggu (7/5), Manik Trisna tampil sempurna untuk merebut medali emas nomor Yin Yang Sword Form Putri. Ia mengungguli atlet tuan rumah Pov Sokha yang meraih medali perak dan May Han Ni Aung Lwin dari Myanmar yang merebut perunggu.

Sedangkan cabang olahraga renang mempersembahkan dua medali emas, Minggu (7/5/2023). Berlomba di kolam renang Morodok Techo National Aquatics Center, Phnom Penh, dua wakil Indonesia dari dua nomor berbeda meraih medali emas. 

Emas pertama melalui perenang I Gede Siman Sudartawa dari nomor 50m gaya punggung putra. Siman mencatatkan waktu 25,16 detik, meninggalkan Jerard Dominic dari Filipina yang harus puas dengan medali perak. Sedangkan perunggu direbut perenang Singapura Zheng Wen Quah.

Emas kedua dari cabang olahraga renang dipersembahkan Masniari Wolf dari nomor 50m punggung putri. Dengan demikian, Indonesia mengawinkan medali emas pada nomor 50 meter gaya punggung putra dan putri SEA Games 2023 Kamboja. Perenang Masniari Wolf menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 28,89 detik. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Raih 16 Emas, Pencak Silat dan Renang Mulai Sumbang Emas

Trending Now

Iklan