Iklan

Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

warta pembaruan
01 Juni 2023 | 4:52 PM WIB Last Updated 2023-06-01T09:52:09Z


Tangerang, Wartapembaruan.co.id
- Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Kelahiran ideologi RI tersebut ditandai dengan pidato penyampaian dasar negara oleh Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 silam dalam sidang BPUPKI pertama. Ini menjadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Pada tanggal yang sama, tiap tahunnya selalu ditandai dengan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Hari ini (1/6), dilaksanakan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 pada Lapangan Utama.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Rio M. Sitorus selaku Plt. Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural, petugas Pemasyarakatan, serta perwakilan Warga Binaan.

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rio M. Sitorus mengatakan bahwa Hari Lahir Pancasila merupakan momentum rakyat Indonesia untuk mengejawantahkan Ideologi Pancasila sebagai jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Ideologi Pancasila yang diwariskan oleh founding fathers kita, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Ideologi ini menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang harus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa," kata Rio M. Sitorus.


Rio M. Sitorus juga menambahkan bahwa Ideologi Pancasila mengajarkan sikap toleran, keberanian, dan menghargai perbedaan. Ini menjadi pondasi Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya para Warga Binaan. 

"Agar tidak berat sebelah dalam memberikan pelayanan, sembari terus memberikan berbagai pembinaan agar para Warga Binaan dapat kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik," tutup Rio M. Sitorus.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Trending Now

Iklan