Iklan

Pusdiklat BNPB dan Indonesia Power Gelar Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Tingkat Operator

warta pembaruan
04 Juli 2023 | 2:59 PM WIB Last Updated 2023-07-04T07:59:45Z


Sentul, Wartapembaruan.co.id
- Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan PT Indonesia Power menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana (DMB) tingkat operator berpola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kegiatan pelatihan ini berlangsung Senin hingga Jumat, (3 - 7 Juli 2023) di Training Center, Pusdiklat PB BNPB, di Jalan Anyar Desa Tangkil Sentul, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada pembukaan kegiatan, hadir Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB, Kheriawan, Apriyuanda Giyant Bayu Pradana selaku Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB, pejabat struktural Pusdiklat BNPB, narasumber, perwakilan Indonesia Power dan  Adelya Riza sebagai Learning Officer Diklat Head Office PLN IP.

Pada kesempatan ini Kheriawan memberikan pengantar terkait jenis bencana, cara penanggulangan bencana, dan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat. Peserta dengan antusias mengikuti setiap petunjuk dan arahan yang diberikan.

Dalam sambutannya, Kheriawan juga menggarisbawahi pentingnya peran operator dalam merespons bencana dengan cepat dan efektif. Ia mendorong para peserta untuk terus meningkatkan kompetensi dan menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat dari ancaman bencana.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 38 peserta ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan dengan para ahli dan narasumber yang hadir. Diskusi dan sesi interaktif diharapkan dapat memperkaya pemahaman mereka tentang manajemen bencana.

Pelatihan DMB tingkat operator ini menawarkan peluang bagi para peserta untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka dalam merespons dan mengelola situasi darurat. Selama pelatihan, para peserta akan dibekali berbagai materi antara lain dasar-dasar penanggulangan bencana, manajemen risiko bencana (mitigasi, pencegahan dan kesiapsiagaan), manajemen penanganan darurat, manajemen pemulihan bencana, manajemen logistik dan peralatan, manajemen data dan informasi bencana, kerjasama multipihak, business continuity plan, praktek mendirikan tenda, pengelolaan dapur lapangan, penyusunan jalur evakuasi serta simulasi gempa tektonik dan tsunami.

Seiring berjalannya waktu, Indonesia Power terus berkomitmen untuk mengoptimalkan upaya penanggulangan bencana di seluruh negeri. Melalui kerjasama dengan Pusdiklat PB BNPB, Indonesia Power berharap dapat mencetak lebih banyak operator yang terampil dan siap menghadapi berbagai situasi darurat. Para peserta Pelatihan Dasar Manajemen Bencana tingkat operator tahun 2023 ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Acara ini merupakan bukti nyata komitmen Indonesia Power dan Pusdiklat PB BNPB dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan pengetahuan operator untuk menghadapi tantangan bencana. Diharapkan pelatihan ini akan melahirkan para tenaga operator yang handal dan siap memberikan bantuan dan perlindungan kepada masyarakat saat mereka membutuhkannya. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pusdiklat BNPB dan Indonesia Power Gelar Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Tingkat Operator

Trending Now

Iklan