Iklan

Ratusan Warga Desa Badang Duduki Kebun PT DAS Desa Badang Tungkal Ulu Tanjung Jabung Barat.

30 Desember 2023 | 1:27 PM WIB Last Updated 2023-12-30T06:27:05Z


Badang, Wartapembaruan.co -
Sekitar 300 warga desa Badang yang dipimpin oleh ketua Poktan Imam Hasan Desa Dedi Harianto mengadakan Aksi pendudukkan Kebun PT Dasa Anugrah Sejati (DAS) pada Jum'at 29/12/2023.


Aksi yang dimulai dari Desa Badang menuju kebun PT DAS terhenti di Gerbang pintu penjagaan menuju akses kebun dengan hujan lebat tidak menghentikan semangat warga Badang untuk melakukan aksi pendudukan lahan.   



Pada awalnya berencana akan mengadakan pendudukan di seputaran Makam yang berada didalam kebun PT DAS.

namun akses jalan dari desa badang menuju lokasi makam telah di putus oleh perusahaan  PT DAS  dengang merusak jalan menuju akses makam yang dekat dengan desa.


Dedi korlap Aksi sekaligus ketua Poktan desa Badang dalam aksinya meminta kepada Bupati Tanjung jabung Barat Agar tanah ulayat desa Badang yang selama ini di garap oleh PT DAS selama 35 tahun dan HGUnya akan berakhir pada 31 Desember 2023 ini Agar segera di kembalikan ke Desa Badang dengan luasan 2963 hektar, dan seluruh warga Badang sepakat tidak memgizinkan kepada  PT DAS untuk memperpanjang lagi HGU, Kata Dedi




Karena sejak lahan Desa Badang digarap oleh perusahaan PT DAS tidak memberi kontribusi buat masyarakat Badang selama 1 priode masa berlaku HGU apalagi dengan Aturan permentan yang dimana setiap perusahaan yang menggarap Lahan desa wajib membangun kebun 20% buat masyarakat yang terdapak HGU., itu tidak lakukan oleh PT DAS selama ini, Ubgkap Dedi.


Selama 4 tahun Sembilan desa yang terdampak HGU PT. DAS memperjuangkan permasalah ini  yang di fasilitasi oleh Bupati Tanjung Jabung Barat tidak menyelesaikan permasalahan dengan baik malah menimbulkan masalah baru, bagaimana tidak Desa Badang telah menolak pola pembangunan kebun 20% di ganti dengan bagi-bagi uang dengan nilai 22 milyar kepada 9 desa, karena menurut Dedi Nilai yang diambil 22 milyar dibagi dengan 1800 hektar tidak jelas dasarnya dan peraturan apa yang ditetapkan oleh pihak Disbunak, semua itu adalah akal-akalan dalam suatu persekongkolan Jahat, Ucap Dedi.



Massa Aksi diterima oleh pihak humas PT DAS, Starwidodo, Hilal perwakilan  Kesbangpol tanjabbar bagian konflik, Ridwan Peltu Kadisbunak Tanjabbar, pihak keamanan Kapolsek Tungkal Ulu, Ivan, Babinsa setempat serta pihak dari Polres Tanjabbar.




Melalui sambungan Telpon yang yang di Fasilitasi oleh Kasat Reskrim Polres Tanjabbar Bupati Tanjabbar Drs,H. Anwar Sadat M,ag, berjanji kepada masa aksi yang diwakili Dedi akan segera membuka ruang fasilitas di kantor Bupati Tanjabbar khususnya untuk masyarakat Badang yang menolak bantuan senilai 2,4 Milyar/ desa untuk penyelesaian permasalahan ini dalam waktu beberapa hari kedepan.


Berhubung Tingal 2 hari lagi masa berlaku HGU PT DAS akan berakhir, apabila pihak PT DAS dan Pemda Tanjabbar tidak mengeluarkan Desa Badang dari HGU Sebilan desa mulai tanggal 1 Januari 2023 masyarakat Badang akan kembali dengan Aksi lebih besar lagi untuk menduduki lahan desa Badang seluas 2963 hektar, artinya izin  HGU PT berakhir pihak perusahaan tidak berhak lagi untuk menggarap lahan desa, dan diminta PT DAS  segera meninggal kan Desa Badang, unkap salah satu warga.


Sekira pukul 18:30 massa aksi membubarkan diri dengan tertib dan kembali kerumah masing-masing.


( Atat)





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Warga Desa Badang Duduki Kebun PT DAS Desa Badang Tungkal Ulu Tanjung Jabung Barat.

Trending Now

Iklan