Iklan

Dirjen IKP Kemenkominfo: Produk Informasi Harus Berpengaruh Positif Bagi Khalayak Luas

warta pembaruan
06 Januari 2021 | 8:42 PM WIB Last Updated 2021-01-08T04:37:41Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id  - Sebagai upaya agar setiap informasi yang diproduksi memberikan pengaruh positif kepada khalayak luas, akan melakukan evaluasi secara rutin terkait kinerja jajarannya, khususnya terkait produksi berbagai konten informasi.

"Sekarang ini kami melakukan monitoring terhadap kinerja pegawai setiap harinya," ujarnya dalam diskusi virtual bertajuk "Menkominfo Menyapa: Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju" Senin (4/1/2021), papar Direktur Jenderal IKP Kemenkominfo, Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Menurut Widodo, evaluasi kinerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) akan dilakukan secara komprehensif. "Dari mulai kualitas informasi yang disebarkan hingga jangkauan dari informasi yang telah dibuat oleh masing-masing aparatur pemerintah pada berbagai kanal komunikasi yang dimiliki oleh IKP," ujar Widodo.

Hal ini, lanjut dia, sangat diperlukan mengingat, kanal komunikasi yang dimiliki oleh Kemkominfo terdiri dari media sosial, cetak, televisi, hingga media online.

Banyaknya media yang dimiliki oleh Kemkominfo, sudah selayaknya melakukan evaluasi rutin yang membuat optimal pengunaannya. "Kita mengevaluasi secara total seluruh media-media yang dimiliki oleh IKP," tuturnya.

Dengan melakukan hal di atas, ia optimis, setiap informasi yang disebarkan oleh jajarannya dapat berdampak signifikan kepada khalayak luas. "Sehingga, setiap informasi yang disebarkan dapat dipahami substansinya secara utuh oleh masyarakat," tambahnya.

Masyarakat, lanjut dia, juga mendapatkan rujukan informasi yang benar terkait dengan berbagai program pemerintah. Informasi yang disajikannya pun akan membawa dampak positif pada setiap sendi kehidupan masyarakat dimana pun berada.

"Kita bisa melahirkan satu semangat untuk kedepannya bisa lebih bagus lagi dalam melakukan komunikasi publik kepada masyarakat," kata Widodo.

Sebelumnya, disaat yang sama, Menkominfo, Johnny Gerard Plate menyarankan, dalam menyebarkan informasi yang berkaitan dengan pandemi, Kemkominfo perlu membuat narasi yang mudah dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat. Dengan begitu, setiap informasi yang disebarkan dapat mempengaruhi para persepsi setiap individu yang membacanya.

Dampaknya, sangat besar bagi masyarakat saat ini, karena mampu membuat tenang masyarakat di tengah pandemi. "Komunikasi Publik yang dikelola IKP itu harus hadir untuk menenangkan masyarakat," terang dia.

Selanjutnya, IKP juga harus menyebarluaskan informasi yang bersifat literasi kepada publik dalam berbagai kanal komunikasi.

"Jadikan, khalayak luas lebih teredukasi terkait dengan konten yang benar, sehingga dapat membedakan yang tidak benar, pesan dia.

"Saat ini masyarakat bingung yang benar dan yang tidak benar. Sampai dengan tahun 2020 masih terjadi itu Post Truth," imbuhnya.

Menurutnya, koloraborasi antar unit kerja dalam penyebaran informasi dengan berlandaskan pola pikir di atas harus dilakukan pada tahun ini. "Sampaikan kepada khalayak luas secara proaktif sesuai waktu dengan perhitungan waktu yang tepat melalui berbagai kanal media," pungkas Menkominfo (Azwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirjen IKP Kemenkominfo: Produk Informasi Harus Berpengaruh Positif Bagi Khalayak Luas

Trending Now

Iklan