News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemkominfo Jamin Pelayanan Komunikasi Optimal di Majene

Kemkominfo Jamin Pelayanan Komunikasi Optimal di Majene


Majene, Wartapembaruan.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama operator seluler (Opsel) berkomitmen memberikan pelayanan telekomunikasi berkualitas di wilayah terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Hal ini dilakukan karena sebagian Base Transceiver Station (BTS) tidak berfungsi usai gempa.

"Kementerian Kominfo melalui Ditjen PPI sudah meminta operator seluler berupaya keras dalam pemulihan sebagian BTS yang terdampak bencana gempa bumi," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad M Ramli melalui, Jumat (15/1/2021).

Ahmad M. Ramli menegaskan pihaknya memastikan memberikan pelayanan telekomunikasi di wilayah tersebut seperti sediakala dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, langkah tanggap darurat yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah dapat dilakukan secara optimal.

"Kemkominfo terus memberikan komitmen kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat," tegas Ahmad M. Ramli.

Dampak dari gempa di Majene mengakibatkan suplai listrik dari PLN terputus dan berakibat terhadap matinya BTS seluler di beberapa wilayah, yaitu Majene, Mamuju Tengah, dan Polewali Mandar.

BTS yang mengalami gangguan akibat gempa berjumlah 122 site dari 651 total site di Majene dan kabupaten sekitarnya atau 18,7 persen. Sedangkan sisanya dilaporkan masih dapat melayani kebutuhan komunikasi para pelanggan di wilayah yang terdampak bencana tersebut.

Lebih lanjut, Ahmad M. Ramli menyampaikan beberapa Opsel telah melakukan sejumlah langkah untuk menindaklanjuti situasi itu. Misalnya, menggunakan genset untuk menyalakan BTS dan melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga.

"Kementerian Kominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap site seluler yang masih down sehingga dapat berfungsi kembali secara normal meskipun listrik PLN masih putus atau down," pungkas Ahmad M. Ramli (Azwar).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar