Iklan

Pemadam TKTD PT SAI Siap Atasi Karlahut di Rohul

warta pembaruan
19 Maret 2021 | 11:03 AM WIB Last Updated 2021-03-19T04:03:08Z
Rohul, Wartapembaruan.co.id – Dalam menghadapi kasus kebakaran hutan dan lahan (karlahut) di wilayah kabupaten Rokan Hulu, PT Sawit Asahan Indah (SAI) melalui Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) telah siap menghadapi kasus Karlahut kapan saja terjadi.

Wujud peran serta perusahaan anak grup Astra Agro Lestari (AAL) Tbk ini dalam mematangkan kesiapan menghadapi musibah kebakaran, dibuktikan dengan mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di halaman Kantor Bupati Rohul, Pasirpangaraian, Kamis (18/3).

ADM PT SAI, Achmad Zulkarnain menyebutkan bahwa untuk menekan kasus kebakaran hutan atau lahan, pihaknya selalu mengasah kemampuan regu pemadam TKTD, sehingga nantinya lebih sigap jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

“Sejauh ini kami sangat siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah menekan kasus Karhutla. PT SAI salah satu perusahaan yang ada di Rohul yang sangat serius menyikapi persoalan Karhutla,” jelas ADM Achmad Zulkarnain melalui CDO Ilka Iskandar.

Apel siaga Karhutla dan gelar pasukan di Rohul, dipimpin oleh Bupati diwakili oleh Sekretaris Daerah Rokan Hulu, Kapolres Rohul, Dandim 0313/KPR yang diwakilkan oleh Pabung, Kejaksaan Negeri Pasir Pengaraian, dan Kepala Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian.

Di sela-sela menghadiri giat tersebut, CDO Ilka Iskandar yang turut didampingi SHE PT SAI, Hengky menyambut baik langkah dan kebijakan yang akan dilakukan pemerintah daerah dalam menghadapi kasus kebakaran lahan terutama di musim kemarau seperti saat ini.

Bukan saja persiapan regu dan alat pemadam kebakaran, PT SAI saat ini sudah melakukan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) di beberapa desa sekitar perusahaan. Diharapkan dengan adanya MPA ini bisa lebih cepat tanggap jika terjadi kebakaran.

“Jadi di desa sekitar PT SAI, kami bentuk tim dari masyarakat yang dinamakan Masyarakat Peduli Api. Setelah kita bina, MPA juga kita bekali dengan peralatan pemadam yang cukup memadai,” ungkap CDO.

Selain difungsikan untuk mengantisipasi Karhutla, TKTD PT SAI juga ikut dalam melakukan pemadaman jika terjadi musibah kebakaran yang menimpa pemukiman warga. Seperti musibah kebakaran yang melanda warga di jalan Rambutan Kelurahan Ujung Batu pekan lalu.

“Setiap ada kejadian kebakaran baik lahan dan pemukiman warga, regu pemadam TKTD PT SAI selaku turun membantu,” ulasnya.(joh)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemadam TKTD PT SAI Siap Atasi Karlahut di Rohul

Trending Now

Iklan