Iklan

Personil Kodim 0207/Simalungun Melalui Koramil 11/Parapat Adakan Pembuatan Posko Operasi PPKM Mikro

warta pembaruan
16 Maret 2021 | 1:01 PM WIB Last Updated 2021-03-16T16:42:34Z
Simalungun  |  Tak ingin ketinggalan juga, Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Parapat jajaran Kodim 0207/Simalungun, Serka PH Manurung, Serka Heridonal Sinaga, Serda Bambang dan Serda Hendri turun kewilayah desa binaan untuk turut serta melaksanakan pembuatan Posko PPKM Mikro, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan dan Nagori Sekecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Selasa (16/03/2021).

Babinsa Serka PH Manurung mengatakan, “Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” ujarnya. Serka Heridonal Sinaga juga turut menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan atau kampung memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Serda Bambang memgungkapkan aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) kelurahan atau kampung. “Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” kata Serda Hendri. “Dari penilaian zonasi, maka Dandim dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,”. Selain itu, pimpinan posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Personil Kodim 0207/Simalungun Melalui Koramil 11/Parapat Adakan Pembuatan Posko Operasi PPKM Mikro

Trending Now

Iklan