Iklan

Polda Jambi Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla Di Provinsi Jambi 

warta pembaruan
25 Maret 2021 | 3:50 PM WIB Last Updated 2021-03-25T16:01:56Z

Jambi , Wartapembaruan.co.id - Polda Jambi menggelar rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi yang dibuka Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenpolhukam RI, Irjen Pol Armed Wijaya.


Rakor karhutla dihadiri oleh Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M. Zukifli, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni dan undangan lainnya.

Kepada Irjen Pol Armed Wijaya, Kapolda Jambi Irjen Pol Rachmad Wibowo dalam paparannya menyampaikan bahwa Polda Jambi dalam penanganan karhutla lebih mengedepankan pencegahan. Selain itu juga dilakukan penegakkan hukum terhadap pelaku karhutla.

Teranyar, Polda Jambi bersama pihak terkait melakukan sekat kanal air di lokasi rawan karhutla di desa Kumpeh, Muarojambi.

Diketahui, Polda Jambi juga memiliki aplikasi Asap Digital berupa pemantauan jarak jauh lewat kamera CCTV di lokasi yang dianggap rawan karhutla.

Lewat aplikasi Asap Digital ini, kata Kapolda, sangat membantu personel di lapangan dalam menuju titik munculnya api. Sehingga, pencegahan karhutla dapat dilakukan secara maksimal.

“Kita tetap melaksanakan dan upaya-upaya seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden adalah upaya pencegahan dan mencari solusi permanen. Dan kami sudah melakukan sebuah program di Polda Jambi ini yaitu program pencegahan karhutla.”

“Kalau penanggulangan berarti ada pemadamannya juga, jadi Kami lebih konsen kepada pencegahan,” jelas Kapolda dalam paparannya di Balai Bhayangkara Siginjai Polda Jambi, Kamis (25/3/2021) pagi.

Faktor utama karhutla di Jambi, kata Kapolda tak lain disebabkan oleh ulah manusia dan salah satunya dalam pembukaan lahan dengan cara membakar.

“Kami sudah melakukan inovasi-inovasi. Kita tempatkan personel sejak tanggal 26 Februari lalu dan sampai hari ini mereka akan tetap berada di sana dan seterusnya sampai nanti musim panas. Mereka hidup bersama-sama dengan masyarakat sekaligus mengedukasi warga,” jelas Kapolda.

Sebelumnya, Irjen Pol Armed Wijaya dalam sambutannya menegaskan pemerintah pusat sangat serius dalam menjaga kamtibmas di Indonesia. Dirinya pun menyinggung beberapa potensi gangguan kamtibmas seperti konflik internal partai, pembubaran organisasi tertentu sampai aktifitas ilegal pertambangan, minyak dan kayu.

“Kemudian ada juga kejahatan yang sifatnya konflik-konflik, baik konflik pertambangan, perkebunan kemudian konflik pertanahan kita perhatian juga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan itu.”

“Di Jambi juga konflik-konflik ini cukup banyak juga, pertambangan illegal drilling, ilegal mining, pertambangan emas tanpa izin. Dan kami mendengar dan memonitor untuk Polda Jambi yang didukung oleh semua pihak yang sudah melaksanakan tugasnya dalam pemberantasan ilegal-ilegal tersebut,” puji Irjen Pol Armed Wijaya.

Sementara itu, ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menegaskan pihaknya mendukung penuh upaya penanggulangan di provinsi Jambi salah satunya adalah mengalokasikan dana.

“Kita bekerja bersama-sama dalam penanggulangan kebakaran di provinsi Jambi, Insya Allah dapat kita lakukan secara maksimal,” ujar Edi Purwanto.

Sekda Sudirman menjelaskan bahwa penanganan karhutla di provinsi Jambi berjalan dengan cukup baik, diantaranya dilakukan rapat koordinasi antar instansi terkait lainnya.

“Upaya stragegis sebenarnya bagaimana penyelesaian secara permanen sesuai dengan arahan bapak Presiden. Di mana ada upaya yang paling strategis dalam penanganan permanen sehingga tidak terjadi lagi di kemudian hari,” jelas Sudirman.

Brigjen TNI Zulkifli menegaskan dukungan penuh Korem 042/Gapu dalam penanganan karhutla. “Ke depan kita perlu tindakan rasional dan strategis dalam penanganan karhutla secara permanen di provinsi Jambi,” ujar Danrem.

( kt )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda Jambi Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla Di Provinsi Jambi 

Trending Now

Iklan