Iklan

Kasiter Korem 042/Gapu Hadiri Rapat Koordinasi Bahas Kebijakan Pemerintah Larangan Mudik Lebaran di Kantor Gubernur Jambi

warta pembaruan
16 April 2021 | 10:24 PM WIB Last Updated 2021-04-16T15:24:15Z
Jambi ,Wartapembaruan.co.id - Kasiter Kasrem 042/Gapu Kolonel Arh Mokhamad Ibnu Sukelan,S.I.P mewakili Danrem 042/Gapu menghadiri rapat koordinasi bersama unsur Forkopimda Provinsi Jambi bertempat di ruang rapat Gubernur Jambi, Jumat (16/4/2021).

Dalam rilis tertulis Penrem 042/Gapu dikatakan bahwa rapat tesebut menyampaikan hasil Rakor Gubernur seluruh Indonesia bersama Menkopolhukam Mahfud MD Secara Virtual dalam rangka meningkatkan sinergitas dan koordinasi keamanan dan penegakan hukum dalam menyambut bulan Ramadan, mudik dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi yang dilaksanakan pada (12/4), yang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, dan BIN.

Dimana dari hasil Rakor di katakan oleh Menkopolhukam Mahfud MD tentang kebijakan larangan mudik pada masa Idul fitri 1442 H dirasakan sudah tepat dalam rangka mencegah penyebaran dan peningkatan angka aktif Covid-19.

Kebijakan tersebut agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan tidak menjadi blunder dalam pelaksanaannya sehingga perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi secara masif mengapa kebijakan larangan mudik ini perlu dilakukan.

Selain itu, kebijakan ini harus dikawal pelaksanaannya secara konsisten disertai sanksi yang tegas namun tetap humanis.

Lebih lanjut Mahfud MD menjelaskan, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan Peraturan Menteri yang merujuk Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dalam melakukan pengendalian di seluruh moda transportasi mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 yang pengawasannya dibantu oleh Polri, TNI, stakeholder terkait dan pemerintah daerah di 333 titik check point.

Terkait dengan stabilitas ekonomi jelang Ramadhan dan Idul fitri, Mahfud MD menyampaikan 4 hal diantaranya mencegah penimbunan sembako, pengendalian harga sembako, program bantuan sosial pemerintah dan kebijakan gratis ongkir belanja online.

Disamping menyampaikan arahan Menkopolhukam, juga disampaikan arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas

Terkait ini, Kasiter Kasrem 042/Gapu mengajak umat Islam untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan juga mengingatkan agar masyarakat tetap patuh anjuran pemerintah khususnya protokol kesehatan, karena kondisi pandemi yang belum berlalu. Salah satunya soal pelarangan mudik.

“Semua ini demi kebaikan kita bersama, apalagi pandemi Covid-19 masih terjadi, jangan sampai begitu kita mudik justru terpapar Covid-19 dan menjadi klaster baru,” ujar Kolonel Arh Mokhamad Ibnu Sukelan.

Hadir dalam acara tersebut PJ Gubernur Jambi, Ketua DPRD Jambi, Kasiter Kasrem 042/Gapu, Kasi Intel Kajati Jambi, Dirkrimsus Polda Jambi, Kabinda Jambi, Kakemenag Provinsi Jambi, Kasatpol PP Prov Jambi.

Acara berjalan lancar tertib dan lancar dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

Authentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta (Meks Jhon)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasiter Korem 042/Gapu Hadiri Rapat Koordinasi Bahas Kebijakan Pemerintah Larangan Mudik Lebaran di Kantor Gubernur Jambi

Trending Now

Iklan