Iklan

Sukses Luncurkan Mang Covid, Kemnaker Raih Penghargaan Merdeka Award 2021

warta pembaruan
01 April 2021 | 5:36 PM WIB Last Updated 2021-04-01T17:01:10Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meraih penghargaan Merdeka Award 2021. Penghargaan ini diraih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kemnaker meluncurkan program Mang Covid sebagai mitigasi dan penanganan dampak pandemi COVID-19.

"Kemnaker mengucapkan terima kasih kepada merdeka.com yang telah memberikan apresiasi kepada program yang kita kembangkan, sebagai salah satu bentuk respon terhadap pandemi Covid-19," tutur Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, seusai menerima penghargaan "Merdeka Award 2021" di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Anwar Sanusi menjelaskan, Mang Covid merupakan program pelatihan Management Pencegahan Covid atau MangCovid, memiliki tiga sasaran sekaligus. Yakni pencegahan penularan COVID-19, penyaluran kerja korban PHK, pertolongan bagi kaum disabilitas, serta pemberdayaan UMKM.

"Program Mang Covid nantinya bisa menjadikan para peserta menjadi mandiri untuk mengembangkannya dan menjadi seorang wirausaha dan pelaku UMKM, " jelas Anwar Sanusi.

Menurut Anwar Sanusi, pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa di bidang ketenagakerjaan. Dari data yang dihimpun Kemnaker, ada sebanyak 29,2 juta pekerja terdampak pandemi COVID-19. Mulai dari pekerja yang dirumahkan, hingga pekerja yang ter-PHK.

"Pemerintah terus berupaya secara maksimal melalui kemnaker agar dampak COVID-19 ini bisa diminimalkan. 

Salah satu upaya yang kita luncurkan yakni Mang Covidid. Mudah-mudahan ini ikhtiar kita untuk meminimalkan dampak COVID-19," ujarnya.

Ia menuturkan, dari dampak ketenagakerjaan yang sangat luar biasa ini, Kemnaker memiliki tugas untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan, terutama mendorong wirausahawan baru.

"Meskipun kita masih dalam kondisi pandemi, kita harus menyiapkan tenaga kerja yang pas dan kompeten. Karena saya yakin itu sesuatu yang produktif dan bisa menggerakan roda perekonomian Indonesia di masa COVID-19," tuturnya.

Anwar Sanusi menilai gagasan anugerah Merdeka Award ini sangat bermanfaat bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka merespon pandemi COVID-19. "Mudah-mudahan dengan acara seperti ini, menjadi contoh program apa yang di hati rakyat bisa bisa menjadi inspirasi," kata Anwar Sanusi.

Selain Program Mang Covid, Kemnaker juga melakukan berbagai program mitigasi dan penanganan dampak COVID -19 yaitu Balai Latihan Kerja (BLK) Tanggap COVID-19; Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja berupa padat kaya infrastruktur, padat karya produktif, padat karya mandiri, wirausaha  dan lainnya; dan Posko K3 Corona.

Tak hanya itu, program mitigasi Kemnaker lainnya di masa pandemi yakni menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah (BSU) bagi pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan serta Kartu Prakerja.

Pemimpin Redaksi merdeka.com, Ramadhian Fadillah, dalam sambutannya mengatakan penghargaan "Merdeka Award 2021" bertajuk "Inspirasi di Tengah Pandemi" diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk yang berjuang di tengah situasi pandemi COVID-19 selama ini.

"Ini adalah cara kami memberikan apresiasi untuk bapak ibu yang telah memberikan inspirasi kepada banyak orang di tengah segala keterbatasan sosial akibat pandemi COVID-19. Kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk mencari dan memilih pihak-pihak yang layak menerima apresiasi," pungkas Ramadhian Fadillah. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Luncurkan Mang Covid, Kemnaker Raih Penghargaan Merdeka Award 2021

Trending Now

Iklan