Iklan

Direktur P3S: Ambang Batas Parlemen 4%, Partai Baru Sulit Lolos

warta pembaruan
22 Mei 2021 | 12:28 PM WIB Last Updated 2021-05-22T17:59:01Z

JAKARTA, Wartapembaruan co.id – Penetapan ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) yang masih tetap dipatok 4% berdasarkan UU Pemilu tahun 2019 bisa memupus harapan bagi partai politik untuk memenuhi syarat tersebut. Hal ini disampaikan Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie di Jakarta (20/5/2021) lalu. 

"Saya nilai partai-partai baru akan senasib dengan Partai Idaman, Berkarya, PKPI, PBB bahkan Hanura, yang tak lolos PT 4 persen," ujar Jerry. 

Jerry mengatakan kendati partai non Parlemen tak memiliki kursi di DPR, namun setidaknya mereka masih bisa bernafas lega lantaran mereka memiliki kursi di DPRD baik tingkat provinsi dan kabupaten/ kota. Hal ini berbanding terbalik dengan partai pendatang baru yang mulai bermunculan.

Sebagai contoh, Partai Ummat besutan Amien Rais, Partai Gelora serta Partai Masyumi Reborn yang dinilainya belum mapan dan teruji. 

"Ujiannya nanti Pemilu tahun 2024. Tapi agak berat lolos ambang batas Parlemen. Tapi partai ini bisa mengejutkan," katanya.

Di sisi lain, partai lama yang relatif mapan juga tengah berebut klaster pemilih. Terlebih, melihat demografi pemilih, Pemilu 2024 nanti akan melibatkan pemilih dengan kategori pemilih pemula atau generasi milenial.

Menurut Jerry, kondisi ini masih ditambah dengan kecenderungan masyarakat kita yang masih skeptis, moderat, partisan hingga swing voters (pemilih mengambang) belum menentukan sikap akibat kebijakan politik yang kurang menguntungkan mereka. Maka itu, akan muncul pelbagai koalisi untuk memengaruhi pemilih jelang Pemilu 2024. 

"Paling akan ada koalisi umat, koalisi nasional dan kebangsaan dan pendukung pemerintah. Saya pikir partai pendukung pemerintah bakal bercerai seperti Golkar dan Nasdem bisa kawin politik. Nah, Gerindra bisa bersanding dengan PDIP tinggal menunggu waktu, kesempatan dan peluang," tutupnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Direktur P3S: Ambang Batas Parlemen 4%, Partai Baru Sulit Lolos

Trending Now

Iklan