Iklan

Pemkab Samosir Gelar Acara Syukuran dan Doa Bersama Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

warta pembaruan
01 Mei 2021 | 12:35 AM WIB Last Updated 2021-04-30T17:35:30Z


Samosir, Wartapembaruan.co.id
-- Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar Syukuran dan Doa bersama atas terpilihnya Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wabup Martua Sitanggang periode 2021-2024 di Halaman Kantor Bupati Samosir, 30/04.

Thema syukuran dan doa Bersama "Mewujudkan Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Bermartabat Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan" dan Sub Thema "Janganlah kamu menjadi serupa dengan Dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan Budimu"

Acara diawali dengan kebaktian yang dibawakan Praeses Distrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom, S.Th, MA denga khotbah yang diangkat dari Nats Alkitab Roma 12:2 "Janganlah Kamu Menjadi Serupa dengan Dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan budimu"
Syukuran dan doa bersama dihadiri, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga, tokoh masyarakat, Kejari samosir, Kasdim 02/10 TU, pimpinan Bank Mandiri, Bank Sumut, BNI, pimpinan OPD se-Kabupaten Samosir, para Camat dan juga Mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon beserta keluarga besar Bupati dan Wakil Bupati Samosir, OKP/ Ormas, LSM/ Pers.
Perayaan ini mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid 19.
FKTM Kabupaten bersama tokoh adat dari seluruh Kabupaten Samosir menyampaikan seperangkat pakaian adat kebesaran Batak kepada Bupati dan Wabup diiringi Gondang (alat musik Batak) dan Tongkat kerajaan (Tunggal Panaluan) kepada Bupati Samosir.

Mewakili seluruh ASN DI Kabupaten Samosir Sekdakab Samosir Jabiat Sagala menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan dengan harapan sukses memimpin Samosir dan siap mendukung program kerja Bupati dan Wabup guna membawa masyarakat kearah yang lebih sejahtera.
Mantan Bupati Samosir 2005-2015 Mangindar Simbolon menyampaikan memimpin Samosir gampang gampang susah. Sehingga diutarakannya, bahwa kunci pemimpin di Samosir harus mampu merajut kebersamaan .Kebersamaan antara pemimpin dan rakyatnya dan seluruh stakeholder. Untuk itu, Bupati dan Wabup harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak, baik perantau dan siappun yang berbuat bagi Samosir.
Tantangan Kedepan ada yang lebih kompleks ditengah Covid 19 yaitu dinamika ekonomi.Dimana anggaran banyak tersedot akibat Covid 19 sehingga banyak infrastruktur yang terbelangkai. Hal ini akan menjadi tantangan dalam mencari jalan keluarnya agar pembangunan tetap berjalan.
FKPD melalui Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga, menyampaikan agar harapan rakyat supaya diwujudkan Bupati terpilih. Banyak yang meminta infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Akan tetapi ditekankan agar budaya juga harus menjadi perhatian khusus bagi Bupati dan Wabup terpilih.


Menurutnya, budaya akan menjadi sumber kehidupan masyarakat Kedepan. Tekankan dan terus menggali sejarah dan budaya yang sudah mulai pudar sehingga perlu perhatian lebih. Sebagai anak ni raja dan Boru raja tidak punya istana, namun Pusuk buhit perlu diperhatikan sebagai awal peradaban orang Batak. Tambah Pantas.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom didampingi Wabup Martua Sitanggang mengatakan akan memegang teguh Amanat rakyat dan berpijak kepada UU yang berlaku.
Apa yang penting dan harus dilakukan sudah dilakukan penajaman guna mewujudkan komitmen dasar kemajuan Samosir.

Dalam kesempatan ini Vandiko Mengajak masyarakat untuk bersinergi membangun Samosir. "Amanah yang kami terima dari rakyat Samosir akan kami laksanakan dengan baik sehingga mampu mewujudkan masyarkat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan, dengan satu rasa yang sama yaitu keadilan bagi semua" Kata Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom

Vandiko T. Gultom lebih lanjut mengatakan, kedatangan dirinya sebagai Bupati merupakan paradigma baru, bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani masyarakat Samosir.
Program iuran BPJS, beasiswa tingkat perguruan tinggi, penanganan sampah akan menjadi program prioritas.


Selain itu, pemajuan budaya dan adat istiadat juga akan diutamakan, mengingat Samosir merupakan kilometer nol peradaban budaya Batak dan merupakan wilayah dominan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"Kami mengharapkan dukungan seluruh stakeholder, agar pembangunan Kabupaten Samosir tercapai sesuai program 100 hari kerja, per 6 bulan dan 1 tahun. Dan kepada seluruh masyarakat Samosir, mari bergandengan tangan sebagai sesama saudara dalam satu rumah, lupakan perbedaan pilihan politik demi kemajuan Kabupaten Samosir" kata Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengakhiri Sambutannya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Samosir Gelar Acara Syukuran dan Doa Bersama Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Trending Now

Iklan