Iklan

Menteri Suharso: Indonesia Siap Berkontribusi dalam Food Coalition

warta pembaruan
30 Juni 2021 | 12:53 PM WIB Last Updated 2021-07-04T03:22:55Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,  menghadiri Pertemuan Gabungan Menteri Luar Negeri dan Menteri Pembangunan G20, yang diselenggarakan di Palazzo Lanfranchi Italia, Selasa (29/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Suharso menekankan beberapa hal. Pertama, kaum miskin dan rentan harus tetap menjadi fokus semua pihak, karena kelaparan dan kekurangan gizi mempengaruhi mereka yang paling miskin.

“Dengan demikian, Indonesia berbesar hati bahwa, meskipun ada pandemi, kita berhasil mengurangi kerawanan pangan dari 8,66% pada 2017 menjadi 5,12% pada 2020,” ujar Menteri.

Menteri mengatakan, hal tersebut akibat dari perluasan bantuan sosial dan manfaat bagi kelompok rentan dan penyederhanaan impor pertanian.

“Kita juga harus memperkuat mata pencaharian petani kecil yang sangat penting untuk pasokan pangan yang berkelanjutan. Termasuk, melalui pemberdayaan perempuan dan pemuda di bidang pertanian,” lanjut Menteri.

Kedua, Menteri menilai  menggandakan usaha saja tidak cukup, dan harus ditingkatkan secara eksponensial.

“Kita perlu mengatasi akar masalahnya  khususnya kemiskinan, kapasitas produksi, infrastruktur, dan logistik. Kita perlu mengatasi faktor-faktor yang memperkuat  seperti perubahan iklim, dan kita perlu mengatasi dampak pandemi , termasuk penurunan daya beli,” ucap Menteri

Menteri juga menjelaskan, diperlukan pendekatan yang komprehensif bersama dengan kerja sama internasional yang lebih kuat, untuk memajukan tindakan inovatif dan berdampak, termasuk transfer teknologi dan transformasi digital, dan meningkatkan kesiapsiagaan  untuk future shocks.

Ketiga, Menteri menegaskan, G20 harus menjadi katalisator kemajuan dan memimpin dengan langkah-langkah yang cepat dan efektif.

“Deklarasi Matera harus dilaksanakan secara efektif melalui kemitraan nyata, tindakan nyata, dan investasi nyata,” ujar Menteri.

Terakhir, Menteri mengemukakan bahwa Indonesia menyambut baik inisiatif Food Coalition dan siap berkontribusi bersinergi dengan inisiatif global terkait lainnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri Suharso: Indonesia Siap Berkontribusi dalam Food Coalition

Trending Now

Iklan