Iklan

Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja, UPTD BLK Palangka Raya Laksanakan PBK

warta pembaruan
11 Juni 2021 | 2:38 PM WIB Last Updated 2021-06-12T09:04:09Z

Palangka Raya, Wartapembaruan.co.id - Dinas Tenaga Kerja (Dinasker) Kota Palangka Raya melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) setempat melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi (PBK).

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 80 peserta, dibuka langsung Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Rabu (9/6/2021) di Aula UPTD Balai Latihan Kerja, Palangka Raya.

"Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta akan mampu bersaing. Baik pada dunia kerja maupun kebutuhan pasar kerja," tutur Hera, usai membuka acara tersebut.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tersebut, sangat berperan penting dalam mendukung pemulihan ekonomi, serta membuka ruang usaha baru bagi para pencari kerja.

“Melalui pelatihan ini diharapkan mereka (peserta) dapat berkreasi mandiri untuk mengembangkan keahliannya dalam bentuk nyata. Potensi mereka ini tetap diperhatikan dan disalurkan dalam dunia usaha kerja,” kata Hera.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya Mesliani Tara berharap, para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehinggga nantinya bisa bekerja secara mandiri.

Jikapun belum dapat pekerjaan, maka pihaknya akan menyalurkan ke beberapa industri yang telah bekerja sama dengan Disnaker Kota Palangka Raya.

“Disnaker telah bekerja sama dengan industri, perusahaan, perhotelan, dealer dan lainnya. Setelah pelatihan ini mereka dapat mengembangkan potensinya, atau akan disalurkan ke perusahaan atau industri dalam hal potensi yang mereka miliki,” ucap Mesliani Tara.

Adapun dalam pelatihan berbasis kompetensi itu diberikan pada berbagai bidang usaha, diantaranya kejuruan garmen apparel (menjahit pakaian wanita dewasa), teknologi informasi dan komunikasi (practical office advance), bangunan (mengerjakan proses produksi furniture Kayu), teknik manufaktur (pelatihan plate welder atau teknik las), bisnis dan manajemen (pengelolaan administrasi perkantoran). (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja, UPTD BLK Palangka Raya Laksanakan PBK

Trending Now

Iklan