Iklan

Danrem 042/Gapu Dampingi Wagub Jambi Tinjau Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

warta pembaruan
20 Agustus 2021 | 2:16 PM WIB Last Updated 2021-08-20T07:16:04Z
Kuala Tungkal ,Wartapembaruan.co.id - Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli, S.IP., M.M., dampingi Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, M.Pd.I meninjau kesiapan MTQ tingkat Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tanjab Barat.

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, dikatakan bahwa Danrem 042/Gapu, pada hari Kamis (19/8) kemaren mendampingi Wakil Gubernur Jambi Drs. Abdullah Sani, M.Pd.I meninjau kesiapan Kabupaten Tanjab Barat sebagai tuan rumah MTQ Ke-50 tingkat Provinsi Jambi.

Danrem bersama Wagub Jambi disamping menerima Expose Persiapan Tuan Rumah MTQ Ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Kab. Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat juga meninjau langsung kondisi arena utama MTQ ke 50 di Masjid Syekh Ustman Tungkal yang terletak wilayah Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir.

Wakil Gubernur Jambi Drs. Abdullah Sani yang juga ketua LPTQ Tingkat Provinsi menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka memberikan motivasi bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk bekerja lebih baik dalam mempersiapkan pelaksanaan moment keagamaan dan persiapan sudah hampir mendekati selesai.

“Saya melihat saat ini persiapan sudah 85 persen, dan kita selalu berharap akan lebih baik lagi, serta dalam pelaksanaannya nanti harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang serius, harus kita kawal pengamanan ketaatan dan kepatuhan komponen baik itu panitia peserta maupun masyarakat,” tutur Wagub.

Sementara itu Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli berpesan saat pelaksanaan MTQ nanti agar memaksimalkan Prokes atau dengan teknis 1 hari sekali di cek atau dengan menyiapkan rapid antigen ataupun genose dari mereka sendiri atau dari tuan rumah.

Perlu diketahui hampir setiap Minggu kita melakukan evaluasi terkait dengan penyebaran pendemi Covid-19 ini dan dalam 1 bulan ini rutin sekitar ±1000 an dari bulan lalunya 5000 turun 20 %. Saat ini Kota Jambi, Batanghari dan Merangin masuk dalam PPKM level 4, dikarenakan banyaknya yang meninggal dunia ditambah dengan melonjaknya kasus Pasien terkonfirmasi Positif.

Berdasarkan Instruksi Mendagri ada 3 hal yang harus diikuti yakni menghindari kerumunan, memakai masker dan mencagah mobilitas,  itulah korelasi dalam pelaksanaan MTQ nantinya.

Potensi menjadi teguran atau masalah itu cukup besar dengan yang kehadiran 600 peserta disamping itu penularannya cukup rawan apabila tidak disiapkan Prokes dalam pelaksanaan MTQ tersebut.

"Siapkan dan bentuk tim dengan sebaik mungkin yang konsennya hanya kepada Prokes", tegas Jenderal Bintang Satu ini.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan SH mengatakan, sebagai tuan rumah Kabupaten Tanjung Jabung Barat harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya nanti.

“Untuk mencegah terjadinya kerumunan pada saat pelaksanaan kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan siang hari, kegiatan lomba akan dilaksanakan di 11 Tempat yang berbeda, dan yang lebih penting bagi para peserta harus dinyatakan bebas covid yang ditunjukan dengan swab/PCR,” ujar Wabup.

“Alhamdulillah, sampai saat ini kesiapan kita sudah mencapai 85%, hanya beberapa finising yang belum kita laksanakan, semenatara diarena utama tidak ada pembukan dan penutupan hanya saja nanti ada pelantikan dewan hakim,” tutupnya.

Pelaksanaan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi di Kab. Tanjab Barat Tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2021, dimasa pandemi Covid-19 dilaksanakan pada siang hari dan tidak mengadakan Karnaval dan Bazar untuk mencegah kerumunan masa yang akan menimbulkan cluster-cluster baru.

Turut hadir mendampingi peninjauan kesiapan MTQ oleh Wakil Gubernur, selain Danrem 042/Gapu Jambi juga nampak Kasubdit III Ditintelkam Polda Jambi AKBP Ali Sadikin, Asisten I Provinsi Jambi, Kadis Kominfo Provinsi, Sekda Tanjab Barat, Dandim 0419 Tanjab, Kapolres Tanjab Barat, Kabag Kesra Setda Tanjab Barat.

Authentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta (kt)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 042/Gapu Dampingi Wagub Jambi Tinjau Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

Trending Now

Iklan