News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DP3AKB Mencegah Pertumbuhan Kekerasan Pada Anak Dengan melakukan Webinar PARENTHINK METHAMORFOSA

DP3AKB Mencegah Pertumbuhan Kekerasan Pada Anak Dengan melakukan Webinar PARENTHINK METHAMORFOSA


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Keluarga memeiliki peran dan fungsi yang cukup besar terhadap perkembangan dan masa depan anak, seorang anak harus medapatkan kesempatan yang seluas luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, psikis, sosial maupun spiritial. Anak juga perlu mendapatkan hak-haknya untuk dilindungi dan disejahterakan serta segala bentuk tindak kekerasan terhadap anak perlu dicegah dan diatasi khususnya kekerasan fisik terhadap anak.

Hari ini Kamis 5 Agustus 2021 DP3AKB mengadakan Webinar yang digelar secara virtual oleh bidang PHA (Pemenuhan BHAk Anak), PARENTHINK dengan tema METHAMORPHOSA (Mendidik tanpa harus marah, Egois dan Putus asa) dengan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas DP3AKB Dr. Siska Gefrianti, M.H.Kes. Sp.DLP serta mendatangkan berbagai nara sumber diantaranya Prita Pratiwi, Mpsi ()Psikolog), Juju Sukmana (Yayasan Biruku Indonesia), Dr. Sri A Kusumawardani, SH.M.Hum (Ketua I PUSPAGA Balarea Jawa Barat).

Dalam sambutannya Siska mengatakan “dalam masa pandemi ini apalagi saat PPKM pembelajaran dirumah akan menimbulkan kejenuhan yang sangat luar biasa pada anak karena kesempatan bermain untuk anak dalam kehidupan sosialisasinya akan terhambat dan penuh dengan tekanan. Ketika tekanan ini terjadi pada orangtua dan anak akan menimbulkan permasalahan seperti kekerasan kepada anak akan meningkat dimasa pandemi ini” paparnya.


Survey mencatat presentase yang terjadi pada anak  37% anak tidak bisa mengatur waktu belajar, 25% anak mengalami kehawatiran akan ketinggalan pelajaran, serta 11.3% mengalami kekerasan Fisik, selain itu dalam pencatatan kasus yang menimpa anak cukup banyak diantaranya kekerasan sikis, ekploitas anak,  pelecehan seksualpada anak.


“Pola pengasuhan dan pendampingan kepada anak akan menjadi tolak ukur mencetak anak baik dari tingkah laku, agama ketika orang tua melakukan kekerasan terhadap anak maka ini akan menciptakan miirror of efek “ Ujar siska.

Oleh karena itu dengan menyelenggarakan Webinar ini diharapkan sebagai media untuk memberikan edukasi bagaimana pola cara asuh yang baik kepada masyarakat bagaimana pola pendidikan tanpa harus marah atau arogan dalam masa pandemi ini.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar