Iklan

Mahasiswa Dapat Ilmu Tambahan Dari Petani Mentimun

warta pembaruan
11 November 2021 | 10:23 AM WIB Last Updated 2021-11-11T03:23:10Z


Labuhanbatu, Wartapembaruan.co.id
-- Mahasiswa Universitas Labuhan  Batu Fakultas  Agroteknologi Berkunjung ke Petani  Mentimun  di Desa Pematang Celeng 20 /9/2021.

Dalam hal ini peserta kkn banyak mendapat kan ilmu dari petani setempat tentang tata cara menanam mentimun dengan baik dan benar langkah langkah nya ialah 

1.Waktu Tanam Mentimun

"Jika banyak petani yang menanam mentimun dan hasilnya melimpah, tidak menutup kemungkinan harga jual mentimun akan turun dan sebaliknya. Jika sedikit petani yang menanam mentimun dan tidak banyak mentimun yang diperdagangkan di pajak sedangkan permintaan mentimun di pasar sangat tinggi, harganya akan melambung tinggi. Di daerah kami, lahan yang digunakan untuk menanam mentimun adalah sawah. 

Ketika musim air tiba, petani akan beralih dari menanam sayuran menjadi petani padi. Namun jika petani menanam padi, maka harga mentimun akan naik karena permintaan pasar yang tinggi sedangkan ketersediaan mentimun di pasaran sangat sedikit. 

2.Kemudian cara menanam mentimun 

1.Pemilihan Lokasi Penanaman.

Asalkan tanahnya subur, bagus untuk menanam mentimun, dan juga tidak mudah tergenang saat musim hujan. Meskipun mentimun merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak air, namun jika terendam air selama berhari-hari, hasilnya akan menurun bahkan pohonnya bisa layu dan mati. Untuk melihat apakah tanahnya subur atau tidak, kita cukup memperhatikan jenis rumput yang tumbuh di tanah tersebut. 

Namun jika lahan tersebut tidak ditumbuhi rumput maka kemungkinan besar lahan tersebut kurang subur. Tanah yang sangat subur akan ditumbuhi berbagai jenis rumput, baik rumput kasar maupun rumput halus. Sedangkan lahan yang kurang subur biasanya hanya ditumbuhi rerumputan kasar seperti ilalang. Dan tanah yang tidak subur biasanya tidak akan ditumbuhi rumput. Maka analisislah tanah dengan baik dan perhatikan rumput yang tumbuh untuk menilai apakah tanah tersebut subur atau tidak.

2.Pembukaan Lahan

Jika lahan semak ditumbuhi rumput, sebaiknya disemprot dengan racun akar untuk membasmi rumput dan biarkan sampai rumput mati. Rumput kering dan mati akan menjadi pupuk organik di tanah. Setelah itu, sampai tanah gembur agar akar mentimun nantinya bisa tumbuh dengan baik.

3.Pengolahan Bedengan

Setelah lahan dikeringkan, buatlah bedengan untuk menanam mentimun. Lebar dan panjang 1 meter sesuai selera dengan tinggi bedengan 30 cm atau sesuai selera. Atau kita buat bedengan hanya 50 cm untuk menanam mentimun hanya dalam 1 baris (tidak ditanam kanan kiri seperti biasa). Namun yang sering digunakan adalah lebarnya 1 meter agar mentimun bisa ditanam dalam jumlah yang lebih banyak.

4.Pemilihan Benih

Pemilihan bibit juga menjadi hal yang sangat penting untuk hasil budidaya mentimun yang maksimal. Benih yang baik adalah benih yang tahan penyakit tinggi, buahnya besar dan padat. Ada banyak jenis benih di luar sana, beberapa di antaranya memiliki buah yang besar tetapi rentan terhadap penyakit dan buahnya tidak padat. 

Ada juga yang buahnya padat tapi tidak terlalu besar dan mudah terserang penyakit. Carilah bibit yang buahnya cukup besar, padat dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Setiap tahun selalu ada bibit baru yang muncul, namun tidak ada jaminan bibit tersebut berkualitas baik. 

5.Percikan

Mentimun merupakan tanaman yang banyak menyerap air dan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Air merupakan salah satu kunci sukses budidaya mentimun tutur Pak Katimin ( Petani Mentimun ). 

"Tambahnya lagi ,"Kita juga bisa membanjiri lahan dengan menggunakan mesin air setiap sore agar mentimun bisa tumbuh maksimal pada malam hari. Penyiraman dilakukan sampai waktu panen.

6.pemupukan 

Jika pohon sudah mulai berdaun lebar dan tinggi pohon sudah mencapai 1 bentang, kita bisa melakukan pemupukan dengan cara mengencerkan pupuk dengan air dan menuangkan air di bawah pohon. Bagi Anda yang memiliki modal minim, Anda bisa menggantinya dengan pupuk lain yang lebih murah. Yang penting khasiat pupuk tersebut untuk menyuburkan tanaman muda agar lebih cepat berkembang dan subur Pungkasnya.

Pemupukan dengan menaburkan pupuk di bawah pohon berpotensi merusak pohon dan membuat pohon layu dan mati. Kecuali pupuk kandang, kita bisa menaburkan pupuk kandang yang sudah jadi di bawah pohon mentimun agar pohon lebih subur dan masa panen lebih lama.

Ujar ," Dyagung Prastio Yudistira Mahasiswa universitas labuhan batu Fakultas Agroteknologi 11/11/2021.

( Marhite Rajagukguk).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Dapat Ilmu Tambahan Dari Petani Mentimun

Trending Now

Iklan