News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kegiatan Pendampingan Reformasi dan Sakip Ditjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan

Kegiatan Pendampingan Reformasi dan Sakip Ditjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan


Jakarta, Wartapembaruan.co.id-Reformasi birokrasi terus digaungkan ke seluruh instansi pemerintah agar kualitas birokrasi dapat terus ditingkatkan.

Peningkatan kualitas birokrasi dilakukan dengan dua cara, yakni penyederhanaan birokrasi serta digitalisasi birokrasi.

Untuk melakukan hal tersebut, tentunya juga perlu didukung oleh peningkatan kualitas aparatur negara sebagai SDM pemerintah. Salah satu kunci agar birokrasi menjadi lebih adaptif, cepat melayani, dan cepat mengambil keputusan adalah melalui penyederhanaan birokrasi, dimana dalam membangun kelembagaan yang lincah dan adaptif ini, juga memerlukan perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, semua Kementerian didorong untuk penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pembangunan Zona Integritas (ZI). Penerapan akuntabilitas kinerja yang konsisten di instansi pusat dan daerah mencegah potensi pemborosan dan meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran.

Guna mencapai sasaran RB dan SAKIP di Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kementerian Pertahanan maka diadakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Data dukung RB dan SAKIP dilakukan dalam rangka kesiapan menghadapi Evaluasi Tingkat Pusat dan Satker dari Kemen PAN dan RB tahun 2022.


Kegiatan pendampingan dilaksanakan di Rupat Ditwilhan Ditjen Strahan Kemhan, 
Gedung A Yani Lantai 8 Kemhan, Senin,14 Pebruari 2022.

Kegiatan dipimpin dan diberikan materi oleh Kolonel Inf Sanggam David, MT dari Biro Ortala Setjen Kemhan dilanjutkan pendalaman dan pendampingan dari Tim Konsultan, dimana kegiatan ini diikuti oleh pejabat Eselon III Setditjen Strahan serta Tim RB & SAKIP Ditjen Strahan Kemhan.

Kegiatan Pendampingan Pemenuhan dokumen data dukung RB dan SAKIP dengan tujuan, pertama Meningkatkan pemahaman atas manfaat penerapan RB &SAKIP terhadap seluruh pegawai Kemhan; kedua Membangun budaya komitmen dan konsisten penerapan RB &SAKIP secara menyeluruh di seluruh Satker; ketiga Pencapaian Indeks RB & nilai SAKIP Kemhan sesuai dengan target yang telah ditetapkan; keempat
Memberikan pemenuhan data dukung kepada Satker Subsatker sebagai ukuran keberhasilan pelaksanaan PMPRB Kemhan; kelima Terjadi pengelolaan Perubahan oleh Agen Perubahan dan keenam Satker secara mandiri mampu memenuhi data dukung RB dan SAKIP sesuai fokus dan prioritas RB Kemhan setiap tahunnya.

Sedangkan Fokus dan Prioritas RB Kemhan 2022 pertama Implementasi nilai-nilai RB bagi seluuruh pegawai Kemhan tanpa terkecuali, memamhami dan berkontribusi dalam melaksanakan RB Kemhan, dimana Setjen Kemhan akan membantu penyediaan data dukung RB sesuai focus dan prioritas. 

Kedua meningkatkan indeks-indeks dalam penilaian RB, internalisasi dan pemenuhan indeks-indeks dalam penilaian RB sesuai Satker Pengampu; Ketiga Data Dukung RB & SAKIP, dimana Biro Ortala mendorong seluruh Sub Satker melaksanakan titik berat RB Kemhan 2022 dengan menyediakan data dukung RB & SAKIP yang disusun bersama Satker dengan melibatkan seluruh Sub Satker dan Keempat Pembangunan Zona Integritas, dimana Satker dan Sub Satker dapat mengusulkan menjadi Unit Kerja Zona Integritas.

Titik berat Satker dalam Implementasi Reformasi Birokrasi Kemhan 2020-2024, pertama Implementasi menerapkan 8 Area Perubahan RB (Manajemen Perubahan, 


Deregulasi Kebijakan, Penataan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Manajemen SDM 
Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan pelayanan Publik) sesuai focus prioritas ; kedua Kreasi dimana Satker membentuk Tim Kreatif yang menjadi bagian Tim RB/Agen Perubahan dan ketiga Inovasi bentuk Kreativitas yang dihasilkan oleh Tim Kreatif menghasilkan inovasi perubahan.

Demikian kegiatan pendampingan pemenuhan dokumen data dukung RB dan SAKIP

Ditjen Strahan Kemhan dilaksanakan dengan mematuhi dan mentaati protokol kesehatan (Prokes) serta diakhiri dengan Ishoma bersama. (sitho-Jakarta)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.