Iklan

Pemerintah Pusat Berkomitmen Penuhi Tambahan 30 Tenaga Kesehatan Handal di Kabupaten Samosir

warta pembaruan
17 Maret 2022 | 5:22 PM WIB Last Updated 2022-03-17T10:24:23Z


Samosir, Wartapembaruan.co.id -- Salah satu dari 10 program unggulan pembangunan daerah Kabupaten Samosir, yaitu Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui Penyediaan Tenaga Medis yang Handal. Dalam rangka mewujudkan program unggulan tersebut, Bupati Samosir melalui Plt Kadis Kesehatan menyampaikan usulan tambahan tenaga kesehatan sebanyak 38 orang sesuai kebutuhan, seperti dokter umum, dokter gigi, tenaga gizi, bidan, perawat, dan analis tenaga laboratorium medik.

Usulan tersebut disampaikan langsung Plt. Kadis Kesehatan drg. STT Subarta Sagala pada saat mengikuti pertemuan penyusunan Formasi Penugasan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di Bapelkes Kemenkes RI, di Cikarang Jawa Barat, Senin (14/3).

Setelah melewati proses diskusi, verifikasi dan validasi yang alot, dari 38 usulan yang disampaikan Pemkab Samosir,  Kemenkes RI berkomitmen menambah 30 kuota tenaga kesehatan di Kabupaten Samosir, atau sebesar 79 persen dari total usulan.

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes RI melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di daerah. Peserta tim nusantara adalah mereka yang sudah melewati proses administrasi dan seleksi oleh Tim Kementerian Kesehatan dan pembiayaan nakes (gaji/tunjangan) dibiayai oleh anggaran Kementerian Kesehatan RI, dimana nakes tersebut akan mulai bekerja pada bulan april tahun ini.

Semoga dengan penambahan 30 tenaga kesehatan tersebut, membantu memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Samosir, sekaligus mewujudkan Visi Kabupaten Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat, sejahtera secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Sumber : Kominfo Samosir
Publish : Marjono Nadeak
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Pusat Berkomitmen Penuhi Tambahan 30 Tenaga Kesehatan Handal di Kabupaten Samosir

Trending Now

Iklan